Strategi Pengembangan Usaha Melalui Penguatan Manajemen, Pemasaran, dan Keuanganindustri Kreatif Kerajinan Mebel Ekspor di Kabupaten Klaten
Abstract
Peluang untuk meningkatkan industry kreaatif kerajinan mebel menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN atau AEC 2015 berbagai upaya dilakukan, Industri kreatif kerajinan mebel di Kabupaten Klaten ini dapat memperoleh peluang perdagangan yang strategis dengan adanya perdagangan bebas antar Negara ASEAN atau Asean China FreeTrade Area ( ACFTA ). Perumasan Masalah “ Bagaimana Strategi Pengembangan Usaha yang dilakukan pada Industri Kreatif Kerajinan Mebel Ekspor UD. Cakra Antik di Kabupaten Klaten”. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui efektifitas Strategi Pengembangan Usaha Melalui Penguatan Manajemen, Pemasaran, dan Keuangan Industri Kreatif Kerajinan Mebel UD. Cakra Antik Furniture di Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan Analisis SWOT Hasil Penelitian adalah bahwa fungsi manajemen dalam perusahaan belum terlaksana dengan baik. Pengelolaan Keuangan masih sangat sederhana, perlu sistim informasi akuntansi komputerisasi, sehingga memudahkan dalam penyajian laporan keuangan secara profesional bidang ekspor dan perpajakan, Keahlian yang lebih penting adalah keahlian logistik dan manajemen umum pemasaran dan pembuatan website. Perusahaan yang telah melakukan ekspor dalam jangka waktu yang lama dapat terus bertahan dalam pasar ekspor.