Show simple item record

dc.contributor.authorKustiyah, Eny
dc.contributor.authorUtomo, Ari Budi
dc.date.accessioned2015-05-12T06:29:30Z
dc.date.available2015-05-12T06:29:30Z
dc.date.issued2015-03
dc.identifier.citationArikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta. Jakarta. Basu Swatha. 2000, Dasar-Dasar Marketing. Liberty, Yogyakarta. Duwi Priyatno, 2008, 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17, Penerbit CV. Andi Offset, Yogyakarta. Huriyati, Ratih Marketing Management. 2005,”Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. ed. Bandung, Alfabeta, Bandung. Husein, Umar. 2003, Studi Kelayakan Bisnis Jasa, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Husein, Umar. 2005. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Baru. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta. Kotler, Philip dan Amstrong. 2006. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks, Jakarta. Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi XI. Jakarta : Salemba Empat Schiffman, Leon G. & Leslie Kanuk. 2004, Consumer Behavior, Prentice Hall Inc Sugiyono, 2003. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit CV. Alfabeta, Bandung. Sugiyono, 2005. Statistik Untuk Penelitian. Penerbit Alfabeta, Bandung. Tjiptono, Fandy. 2000. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Penerbit Andi Tjiptono, Fandy. 2002, Strategi Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarata. Tjiptono, Fandy. 2004, Pemasaran Jasa, Bayumedia Publishing, Malang. Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Penerbit Andi Tjiptono, Fandy. 2005. Service Quality and Satisfaction. Penerbit ANDI, Yogyakarta.in_ID
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5879
dc.description.abstractTaman Satwa Taru Jurug merupakan tempat pariwisata Kebudayaan Kota Solo, dari perkembangan pariwisata pengunjung yang kurang puas dengan kondisi TSTJ yang sekarang, untuk itu perlu menciptakan kepuasan pengunjung. Guna memasarkan TSTJ menjadi tempat pariwisata yang diminati pengunjung maka diperlukan suatu pelayanan yang berkualitas. Kualitas pelayanan dapat berupa Kehandalan (Reliability), Daya Tangkap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty), Bukti Langsung (Tangibles) dari karyawan serta jasa-jasa yang diberikan dan dikombinasikan sedemikian rupa sehingga mampu memberikan kesan simpatik kepada para pengunjung dan akhirnya kepuasan pengunjung terpenuhi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Apakah kualitas pelayanan yang berupa Kehandalan (Reliability), Daya Tangkap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty), Bukti Langsung (Tangibles) secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ)? 2) Apakah kualitas pelayanan yang berupa Kehandalan (Reliability), Daya Tangkap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty), Bukti Langsung (Tangibles) secara bersama sama berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ)? 3) Di antara kelima variable kualitas pelayanan tersebut, Manakah yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pengunjung Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ)?Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Berganda, Uji F, Uji t serta Koefisien Determinasi (R2). Dari Uji Regresi Linier Berganda diperoleh persamaan Y = 2,857 + 0,019 X1+ 0,045 X2 + 0,413 X3 + 0,259 X4 + 0,235 X5 +e Dari hasil perhitungan uji F diperoleh nilai F hitung 46,386 > F tabel 2,467, membuktikan ada pengaruh secara signifikan antara variabel bebas (Kehandalan (Reliability), Daya Tangkap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty), Bukti Langsung (Tangibles)) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat (kepuasan pengunjung TSTJ (Y)). Dari hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung Kehandalan (Reliability) sebesar (0,231) < t tabel (1,986), berarti Kehandalan (Reliability) tidak ada pengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung (Y). Daya Tangkap (Responsiveness) sebesar (-0,419) < t tabel (-1,986), berarti Daya Tangkap (Responsiveness) tidak ada pengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung (Y). t hitung Jaminan (Assurance) sebesar (4,313) > t tabel (1,986), berarti Jaminan ( Assurance ) ada pengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung (Y). t hitung Empati (Emphaty) sebesar (2,267) > t tabel (1,986), berarti Empati (Emphaty) ada pengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung (Y). t hitung Bukti Langsung (Tangibles) sebesar (3,979) > t tabel (1,986) maka H0 ditolak, berarti Bukti Langsung (Tangibles) ada pengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung ( Y ). Dari hasil perhitungan koefisisen determinasi diperoleh nilai R2 = 0,712 hal ini berarti variabel Kehandalan (Reliability), Daya Tangkap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty), Bukti Langsung (Tangibles) mempunyai sumbangan terhadap kepuasan pengunjung sebesar 71,2% sedangkan sisanya 28,8% dipengaruhi oleh faktor yang lain di luar model yang menjadi penelitian ini, antara lain (kurang banyaknya jenis flora dan fauna di TSTJ, kurangnya hiburan atau pertunjukan yang di suguhkan untuk pengunjung TSTJ, nilai kebudayaan di TSTJ yang sedikit berkurang dan lain-lain). Saran untuk TSTJ yaitu Selain variabel Kehandalan (Reliability), Daya tangkap (Responsiveness), Jaminan (Assurance) (X3), Empati (Emphaty), Bukti Langsung (Tangibles), hendaknya pihak TSTJ juga lebih memperhatikan sumberdaya manusia yang ada seperti petugas kebersihan, keamanan, kesehatan dan petugas-petugas yang lainnya.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectbukti langsungin_ID
dc.subjectdaya tangkapin_ID
dc.subjectempatiin_ID
dc.subjectjaminanin_ID
dc.subjectkehandalanin_ID
dc.subjectkepuasanin_ID
dc.titlePengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung pada Tempat Pariwisata di Surakarata (Study Kasus Pada Taman Satwa Taru Jurug)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record