dc.identifier.citation | Ahmadi, ZA, 1993, Kebutuhan Guru dan Tenaga Kependidikan Serta Peningkatan Kualitas Pendidikan, Jakarta: Depdikbud. Alit Ana, Ida Bagus, 2001,Inovasi Wawasan dan Profesionalisme Guru Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Era Pembangunan Jangka Anthony, William, P, Pamela.L, Parrewe, dan K. Mitchel K. 1996. Strategic Human Resources Management, Second Edition The Arden Press. Arikunto Suharsimi, 2003, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta. Azwar, S. 2001. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Sigma Alfa. Damodar Gurajati, 2006, Ekonometrika Dasar Jakarta , Erlangga Djarwanto PS., 1989, Statistik Induktif, Edisi 4, BPFE UGM, Edisi 4, BPFE UGM, Yogyakarta. Edwin B. Flippo (Moh Mas’ud), Manajemen Personalia, Edisi Enam, Cetakan kesembilan. Penerbit Erlangga. Handoko, Hani. 1996 Manajemen Sumber daya Manusia, Badan penerbit IPWI, Jakarta. Ghozali, Imam,2003, Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS 2001, UNDIP Semarang Fandy Tjiptono, 1996, Total Quality Manajemen, Andi Offset, Yogyakarta. Ghozali, Imam,2003, Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS 2001, UNDIP Semarang Hadi, Sutrisno, 1997, Statistik, Yogyakarta : Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM. Sekaran Umar, 1992, Statistik Induktif, PT. Bumi Aksara, Jakarta. Umar Husein, 2004, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. | in_ID |
dc.description.abstract | Salah satu faktor untuk meningkatkan motivasi kerja guru adalah dengan memberikan penghargaan.Penghargaan dalam hal ini dapat diberikan dalam bentuk finansial maupun non finansial. Secara finansial dapat dilaksanakan selain dari pemberian gaji, insentif, tunjangan kesejahteraan dan jaminan social.Sementara penghargaan dalam bentuk non finansial dapat berupa pemberian suatu wanprestasi bagi guru-guru yang benar-benar tekun dalam menjalankan tugasnya.Rumusan masalah dari penelitian ini : apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara pemberian penghargaan finansial dan non finansial terhadap motivasi kerjanya guru di SMK Wikarya Karanganyar? Dan Manakah diantara penghargaan finansial dan non finansial yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap motivasi kerja guru di SMK Wikarya Karanganyar ?Populasi adalah seluruh guru SMK Wikarya Karanganyar dan sampel yang diambil sebanyak 34 orang guru.Metode penelitian yang digunakan dengan observasi, penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Dengan metode analisa data menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi berganda, Uji T, dan Uji F yang dianalisis dengan menggunakan program SPSS Versi 12.
Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa penghargaan finansial (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja guru (Y), sedangkan penghargaan non finansial (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru (Y).Dari perhitungan uji F menunjukkan bahwa penghargaan finansial (X1) dan penghargaan non finansial (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru (Y). Hasil analisis data didapat R2 = 0,463 atau 46,3%. Berarti bahwa sumbangan penghargaan finansial (X1) dan penghargaan non finansial (X2) terhadap motivasi kerja guru (Y) adalah sebesar 46,3% sedangkan sisanya 53,7% dipengaruhi oleh variable lain. | in_ID |