Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Diana Puspita
dc.contributor.authorSusanty, Aries
dc.contributor.authorWibowo, Anggit Ari
dc.date.accessioned2015-05-12T07:23:37Z
dc.date.available2015-05-12T07:23:37Z
dc.date.issued2015-03
dc.identifier.citationGaspersz, V., 2003, ISO 9001:2000 And Continual Quality Improvement, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. Gaspersz, V., 2005, Manajemen Kualitas, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Hadiwiyono, P.S., dan Panjaitan, T.W.S., 2013, Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Departemen Human Resources (HR) di PT. X., Jurnal Titra, Vol. 1, No. 2, pp. 227- 232 Hijriafitri, C., Marchaban dan Sumarni, 2011, Analisis Persepsi Pelanggan Terhadap Penerapan ISO 9001:2000 di Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Bantul, Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi, Vol. 1, No.2, hal. 77-83 Mei Feng, T., Terziovski, M. & Samson, D., 2006, Relationship of ISO 9001:200 Quality System Cerfication with Operational and Business Performance, Journal of Manufacturing Technology Management, 19(1): 22 - 37. Nugroho, M.S., Bisri, M., dan Anwar, M.R., 2012, Kajian Terhadap Implementasi Manajemen Mutu pada pengelolaan proyek Perumahan. Jurnal Rekayasa Sipil, Vol. 6, No. 2, hal. 134- 14 Semual, H., dan Zulkarnain, J., 2011, Pengaruh Sistem Manajemen Mutu Iso Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Budaya Kualitas Perusahaan (Studi Kasus PT. Otsuka Indonesia Malang). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.13, No. 2, hal.162-176 Santosa, M.A.W., Widhiawati, I.A.R, dan Diputra, G.A., 2013, Penerapan Standar Sistem Manajemen Mutu (Iso) 9001:2008 Pada Kontraktor PT. Tunas Jaya Sanur, Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, Volume 2, No. 1, hal. 1 – 6 Stup, R., 2001, Standard Operating Procedures: A Writing Guide, Dairy Alliance, Penn State University Suardi, R., 2003, Sistem Manajemen Mutu ISO 9000:2000; Penerapannya Untuk Mencapai TQM, Jakarta: Penerbit PPM Tricker, R., 2005, ISO 9001 : 2000 for Small Businesses, Oxford : Elsevier Butterworth- Heinemann. Zeng, S.X., and Tian.P., 2005, “Implementing integration of ISO 9001 and ISO 14001 for construction”, Managerial Auditing Journal, Vol. 20, No.4, pp. 394-407.in_ID
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5895
dc.description.abstractPersaingan di industri farmasi yang semakin ketat mendorong setiap perusahaan farmasi untuk menghasilkan obat yang bermutu, yaitu obat yang memenuhi persyaratan dalam dokumen izin edar, tidak menimbulkan resiko yang dapat membahayakan pengguna dan sesuai dengan tujuan penggunaannya. Mutu dari produk obat tersebut mutlak untuk dijaga demi meningkatkan kepuasan pelanggan PT. Degepharm merupakan salah satu perusahaan farmasi di Semarang, yang dihadapkan pada permasalahan persentase produk cacat yang cukup tinggi, ketidakjelasan alur proses kerja, tanggung jawab dan staf terkait dalam proses kerja tersebut, serta terjadinya inefisiensi kerja. Kondisi ini disebabkan karena belum adanya Standard Operating Procedure (SOP) yang jelas dan terstandarisasi pada beberapa departemen. Sehingga PT. Degepharm Semarang perlu untuk menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 dalam upaya mengatasi permasalahan yang ada pada perusahaan. Dokumentasi sistem manajemen mutu merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam upaya penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan dokumentasi sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2008 pada aktivitas yang ada pada PT. Degepharm Semarang. Evaluasi penyusunan prosedur mutu tersebut meliputi bagian produksi, pengawas mutu, keuangan dan gudang.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectindustri farmasiin_ID
dc.subjectISO 9001 : 2008in_ID
dc.subjectsistem dokumentasi mutuin_ID
dc.titlePerancangan Sistem Dokumentasi Mutu Berdasarkan ISO 9001:2008 di PT. Degepharm Semarangin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record