Penilaian Product Position Bagi Brand Pakaian NIKE dan Adidas Berdasarkan Persepsi Konsumen
Abstract
Perkembangan fungsi dan gaya berpakaian sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan industri pakaian (garmen). Menjelang era pasar bebas, persaingan diantara industri garmen di Indonesia semakin tinggi dengan banyaknya produk impor yang beredar di pasaran. Kualitas produk garmen menjadi sangat penting agar perusahaan yang bergerak di bidang garmen tetap dapat dapat bertahan. Kualitas produk biasanya dinilai dari dimensi-dimensi yang ditentukan oleh perusahaan yang memproduksi barang tersebut. Namun, kualitas produk tidak hanya bisa dinilai dari dimensi kualitas berdasarkan spesifikasi yang dibuat oleh produsen tetapi juga bisa dinilai dari persepsi konsumen terhadap produk tersebut. Ketidaksesuaian produk pakaian dengan persepsi konsumen dapat berdampak pada penolakan produk pakaian tersebut oleh konsumen yang berarti produk tidak laku di pasaran. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan intensitas pembelian di masa mendatang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dimensi-dimensi kualitas produk yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli pakaian. Penelitian ini menggunakan enam dimensi persepsi kualitas pakaian yaitu appearance, performance, brand image, harga, kesesuaian, dan kenyamanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor untuk menentukan faktor yang berpengaruh terhadap persepsi konsumen produk pakaian dan multidimensional scalling untuk mengetahui product position dua brand pakaian yaitu Nike dan Adidas dalam dimensi kualitas pakaian. Berdasarkan hasil penelitian ini dimensi appearance merupakan dimensi terpenting dalam persepsi kualitas pakaian, selain itu, performance dan kenyamanan juga merupakan faktor yang penting bagi konsumen dalam memilih pakaian. Analisis terhadap product position dua brand pakaian tersebut, Nike memiliki keunggulan dalam dimensi appearance, performance, brand image dan kenyamanan sedangkan Adidas memiliki keunggulan dalam dimensi harga dan kesesuaian.