dc.contributor.author | S., Suranto | |
dc.date.accessioned | 2015-05-12T07:42:38Z | |
dc.date.available | 2015-05-12T07:42:38Z | |
dc.date.issued | 2015-03 | |
dc.identifier.citation | Badan Pusat Stastistik,. 2011. Laporan Presiden Republik Indonesia. Ketenagakerjaan dan Pengangguran. Jakarta. Muhtadi, dkk,. 2015. Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Pengabdian Masyarakat PAPIKU. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Musa Hubeis,. 2009. Prospek Usaha Kecil dalam Wadah Inkubator. PT. Ghalia Indah. Jakarta. Qomarun,. 2000. BPK Kewirausahaan. Jurusan Arsitektur. FT. UMS. Surakarta. Sudjana S., D,. 2004. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Falah Production. Bandung. Sudjana, Nana dan Ibrahim,. 1998. Penelitian Pendidikan. Sinar Baru. Bandung. Sugiyono,. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung. Suherman. Eman,. 2008. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Alfabeta. Bandung. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2337-4349 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5923 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran melalui inkubator kewirausahaan mampu meningkatkan mental wirausaha bagi mahasiswa pada program studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Inkubator wirausaha yang dijalankan dalam bidang writing preneur (jurnalistik) dan pemetaan potensi mahasiswa bermanfaat menghasilkan dan mengetahui trend mental wirausaha mahasiswa dalam menghasilkan produk nyata. Penelitian ini menguji peningkatan mental wirausaha mahasiswa (tenant) dan pemetaan potensi mahasiswa berdasarkan bakatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah ujicoba lapangan melalui penerapan inkubator kewirausahaan writing preneur. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 140 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan sampel pada mahasiswa program studi Teknik Industri sejumlah 40 mahasiswa. Inkubator kewirausahaan yang diterapkan meliputi komponen doing, empowering, facilitating dan evaluating. Pengambilan subyek data dipilih secara simple random sampling. Pengumpulan data melalui angket, observasi dan wawancara. Metode analisis menggunakan regresi untuk mengetahui pengaruh antara variabel model inkubator wirausaha yang diterapkan (X) terhadap variabel mental usaha (Y) dan diketahui potensi berdasarkan bakatnya serta trend wirausaha writing preneur. Trend mahasiswa yang mengikuti writing preneur sejumlah 20 orang dan dilihat kecenderungan mental wirausahanya. Diketahui hasil persamaan regresi semakin baik artinya model inkubator kewirausahaan yang diterapkan, semakin baik pula peningkatan mental usaha baru yang dimiliki mahasiswa (tenant). Besarnya pengaruh model inkubator wirausaha writing preneur terhadap mental usaha sebesar 0.775 atau 77.5%. Kecenderungan perilaku mahasiswa wirausaha writingpreneur juga mengalami kemajuan, dengan demikian model inkubator wirausaha mampu mempengaruhi peningkatan mental wirausaha baru. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | inkubator | in_ID |
dc.subject | mahasiswa | in_ID |
dc.subject | mental wirausaha | in_ID |
dc.title | Inkubator Kewirausahaan Writing Preneur Peningkatan Mental Wirausaha Mahasiswa | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |