Show simple item record

dc.contributor.authorHidayat, Atep Afia
dc.contributor.authorKholil, Muhammad
dc.contributor.authorWinda PS.
dc.contributor.authorYudistira
dc.date.accessioned2015-05-12T07:53:50Z
dc.date.available2015-05-12T07:53:50Z
dc.date.issued2015-03
dc.identifier.citationAritonang, 2002, Kepuasan Pelanggan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Dreamer, Benny, 2011, Jasa Cleaning Service [Online], http://terminaljasa.com/outsourcing-indonesia/jasa-cleaning-service/#sthash.mHaFH9Im.dpuf (21 Desember 2013). Fathoni, Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Menggunakan Metode Servqual, Jurnal Ilmiah Universitas Sriwijaya. Gerson, Richard F, 2002, Mengukur Kepuasan Pelanggan, PPM, Jakarta. Kotler, P dan Gary, Armstrong, 1997, Prinsip – Prinsip Pemasaran, Terjemahan, Edisi Ketiga, Erlangga, Jakarta. Porter, M. E, 2002, Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing, Erlangga, Jakarta. Rangkuti, 2002, Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Singarimbun, Masri dan Efendi, Sofian, 1989, Metode Penelitian Survei, Edisi Pertama, LP3ES, Jakarta Supranto, 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikan Pangsa Pasar, Rineka Cipta, Jakarta Suprapto, W, 1996, Pengukuran Kepuasan Pelanggan untuk Meningkatkan Pangsa Pasar, Crecent Newsin_ID
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5934
dc.description.abstractPada hakekatnya setiap perusahaan berusaha selaluingin memberikan dan menginginkan pelayanan yang terbaik bagi seluruh pelanggannya.Hal ini dilakukan agar tercipta suasana yang comfortable dalam menunjang aktifitas kerja sehari-hari untuk mencapai keinginan tersebut maka penilaian terhadap pelayanan yang diberikan cleaning service di perusahaan perlu dilaksanakan. Oleh sebab itu perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dalam upaya meningkatkan customer relationship.Untuk mengatasi permasalahan diatas dalam penelitian ini dilakukan perancangan kuesioner menurut lima dimensi servqual, yaitu realibility, assurance, tangibles, emphaty, dan responsiveness dengan cara menentukan jumlah sample minimum kuesioner, uji validitas, uji reliabilitas, dan perhitungan nilai servqual selain itu bagaimana cara dan mengidentifikasikan aspek kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan jasa cleaning service. Dalam pembuatan laporan ini metode yang digunakan untuk merumuskan kebutuhan pelanggan adalah analisis service quality (ServQual). Kesimpulan yang didapat berdasarkan analisis service quality adalah gap skor antara kebutuhan pelanggan dengan performa perusahaan. Lalu dipetakan kedalam diagram Cartesius, sehingga didapat klasifikasi atribut yang menjadi prioritas perbaikan pelayanan perusahaan. Berdasarkan analisa Servqual diperoleh 50,40% pelanggan menyatakan sangat puas akan pelayanan Cleaning Service. Berdasarkan matriks performance dan kepentingan bahwa atribut hubungan ekstern berada pada kuadran I,dengan demikian pelayanan yang diberikan dinilai masih rendah sedangkan kepentingan terhadap atribut ini dinilai tinggi oleh pelanggan, sehingga atribut ini untuk yang akan datang diprioritaskan agar dilakukan perbaikan.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectDimensi Servqualin_ID
dc.subjectGap Skorin_ID
dc.subjectKualitas Pelayananin_ID
dc.titleAnalisis Tingkat Kepuasan Pelanggan sebagai Upaya Peningkatan Nilai Tambah Terhadap Jasa Cleaning Servicein_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record