Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Purwosari Satu Atap Pasuruan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui apakah pembelajaran
kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) berbasis masalah
dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah
Pertama Negeri 3 Purwosari Satu Atap Pasuruan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan mendiskripsikan data yang diperoleh yaitu prestasi
belajar siswa kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Purwosari Satu
Atap Pasuruan pokok bahasan lingkaran tahun pelajaran 2014 -2015. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan
dengan dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwapembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD)
berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Sekolah Menengah
Pertama Negeri 3 Purwosari Satu Atap Pasuruan kelas VIII B tahun pelajaran
2014 – 2015 pokok bahasan lingkaran dari 61,00% menjadi 80,81%. Saran tindak
lanjut dalam penelitian ini adalah untuk peneliti yang akan melakukan penenlitian
tentang pembelajaran kooperatif tipe STAD agar tidak hanya terbatas pada
prestasi belajar siswa, tetapi bisa diperluas seperti kemampuan siswa dalam
memecahkan masalah atau kemampuan siswa yang lain.