• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Purwosari Satu Atap Pasuruan

    Thumbnail
    View/Open
    316_321 M NURDIN.pdf (298.5Kb)
    Date
    2015-03-07
    Author
    Nurdin, Mohamad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Purwosari Satu Atap Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendiskripsikan data yang diperoleh yaitu prestasi belajar siswa kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Purwosari Satu Atap Pasuruan pokok bahasan lingkaran tahun pelajaran 2014 -2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwapembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Purwosari Satu Atap Pasuruan kelas VIII B tahun pelajaran 2014 – 2015 pokok bahasan lingkaran dari 61,00% menjadi 80,81%. Saran tindak lanjut dalam penelitian ini adalah untuk peneliti yang akan melakukan penenlitian tentang pembelajaran kooperatif tipe STAD agar tidak hanya terbatas pada prestasi belajar siswa, tetapi bisa diperluas seperti kemampuan siswa dalam memecahkan masalah atau kemampuan siswa yang lain.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5957
    Collections
    • Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV