Analisis Jenis–jenis Pertanyaan yang Diajukan Guru Berdasarkan Taksonomi Bloom dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika Kelas X di SMA Negeri 1 Purworejo
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis pertanyaan
yang diajukan guru berdasarkan Taksonomi Bloom dalam kegiatan pembelajaran matematika, yaitu
kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Purworejo
dimana satu orang guru (berpengalaman) yang dipilih dengan cara purposive sampling diamati
selama kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menemukan bahwa pada kegiatan pendahuluan, jenisjenis
pertanyaan yang sering diajukan guru adalah pertanyaan pengetahuan dan pertanyaan
penerapan. Selain itu, pada kegiatan pendahuluan guru sesekali mengajukan pertanyaan pemahaman
dan analisis. Pada kegiatan inti, jenis-jenis pertanyaan yang sering diajukan guru adalah pertanyaan
pengetahuan, pertanyaan pemahaman, pertanyaan penerapan, dan pertanyaan analisis. Guru juga
sesekali mengajukan pertanyaan sintesis dan pertanyaan evaluasi. Pada kegiatan penutup, jenis-jenis
pertanyaan yang diajukan guru adalah pertanyaan pengetahuan, pertanyaan penerapan, pertanyaan
analisis, dan pertanyaan evaluasi. Pada kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup jenis pertanyaan
yang diajukan guru lebih didominasi dengan jenis pertanyaan pengetahuan.