Show simple item record

dc.contributor.authorGunawan, Muhammad Ali
dc.date.accessioned2015-05-13T08:21:44Z
dc.date.available2015-05-13T08:21:44Z
dc.date.issued2015-03-07
dc.identifier.citation[1] Romberg, Thomas A. (ed.). 2004. Standards-Based Mathematics Assessment in Middle School: Rethinking Classroom Practice. New York: Teachers College, Columbia University. [2] Djemari Mardapi. 2012. Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika. [3] Tabachnick, B. & Fidell, L. 2001. Using multivariate statistics. Needham Heights: Allyn & Bacon. [4] Pett, M., Lackey, N. &Sullivan, J. 2003. Making sense of factor analysis. Thousand Oaks: Sage Publications, Inc. [5] Costello, A.B. & Osborne, J.W. 2005. Best practices in exploratory factor analysis: four recommendations for getting the most from your analysis. Practical Assessment. Research & Evaluation, 10, 1-9. Diambil pada tanggal 12 Desember, 2014 dari http://pareonline.net/getvn.asp?v=10&n=7 [6] DeCoster, J. 1998. Overview of factor analysis. diambil tanggal 12 Desember 2014, dari http://www.stathelp.com/notes.html [7] Byrne, Barbara M. 2010. Structural Equation Modeling with AMOS Basic Concepts, Applications, and Programming, Second Edition. New York: Taylor and Francis Group, LLC. [8] DeCoster, J. 1998. Overview of factor analysis. diambil tanggal 12 Desember 2014, dari http://www.stathelp.com/notes.html [9] Beavers, Amy S. (et.al). 2013. Practical Considerations for Using Exploratory Factor Analysis in Educational Research. Practical Assessment, Research & Evaluation, 18. Diambil dari http://www.google.co.id/ search?output=search&sclient=psyab&q=Journal+of+Factor+Analysis+ 2013.pdf&btnG=. Tanggal 5 Januari 2015. [10] Nunnally, J and Ira. H. Bernstein. 1994. Psychometric theory. 3 ed. New York: MCGrawHill. [11] National Council of Teacher Mathematics. 2009. Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12: 1999 Yearbook. Virginia: The National Council Of Teachers Of Mathematics, Inc. [12] Boesen, Jesper, Johan Lithner & Torulf Palm. 2010. The Relation Between Types Of Assessment Tasks And The Mathematical Reasoning Students Use. Educational Studies in Mathematics, 2010, 75, 89-105. [13] Lithner, Johan. 2012. Learning Mathematics by Creative or Imitative Reasoning. 12 International Congress on Mathematical Education. Diambil dari http://www.icme12.org/upload/submission/1971_F.pdf. Pada tanggal 01 September 2014 [14] National Council of Teacher Mathematics. 2009. Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12: 1999 Yearbook. Virginia: The National Council Of Teachers Of Mathematics, Inc. [15] Mason, John., Leone Burton, and Kaye Stacey. 2010. Thinking Mathematically. (2th Ed.). England: Pearson Education Limited. [16] National Council of Teacher Mathematics. 2009. Developing Mathematical Reasoning in Grades K-12: 1999 Yearbook. Virginia: The National Council Of Teachers Of Mathematics, Inc. [17] Brookhart, Susan M. 2010. How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. Virginia: ASCD. [18] Aufmann, Richard N. (et.al). 2008. Mathematical Thinking and Quantitative Reasoning. Boston: Houghton Mifflin Company. [19] Smith, Peter. 2003. An Introduction to Formal Logic. New York: Cambridge University Press.in_ID
dc.identifier.issn978.602.361.002.0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5964
dc.description.abstractKajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah sampel dan panjang tes terhadap validitas dan reliabilitas butir tes menggunakan analisis faktor (exploratory factor analysis) dan koefisien alpha. Data yang digunakan merupakan data bangkitan dengan jumlah sampel dan butir berbeda-beda dengan pasangan jumlah sampel dan butir 1) (120: 15); (120:10); (120: 5); 2) (250:15); (250:10); (250:5); 3)(500: 15); (500:10); (500: 5). Data dibangkitkan dengan program WinGen dengan bentuk tes uraian (politomus) dimana penskorannya menggunakan rubrik (skala 0 sampai 4). Data dibangkitkan sebanyak 25 kali ulangan untuk semua pasangan perlakuan. Untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan perlakuan terhadap rata-rata koefisien validitas dan rata-rata koefisien reliabilitas digunakan analisis regresi dan posthoc analysis. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Jumlah sampel dan panjang tes berpengaruh terhadap koefisien validitas tes penalaran matematik sebesar 82,30% dengan persamaan garis regresi: . Perlakuan dengan jumlah sampel 500 dan butir 15 menghasilkan tingkat koefisien validitas yang tinggi dibandingkan dengan dua perlakuan lainnya. (2) Jumlah sampel dan panjang tes berpengaruh terhadap koefisien reliabitas tes penalaran matematik sebesar 88,30% dengan persamaan garis regresi: . Perlakuan dengan jumlah sampel 500 dan butir 15 menghasilkan tingkat koefisien reliabilitas yang tinggi dibandingkan dengan dua perlakuan lainnya.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectSampelin_ID
dc.subjectTesin_ID
dc.subjectValiditas Konstrukin_ID
dc.subjectReliabilitasin_ID
dc.subjectTes Penalaran Matematikin_ID
dc.titlePengaruh Jumlah Sampel dan Panjang Tes terhadap Validitas Konstruk pada Tes Penalaran Matematikain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record