Pengembangan Bahan Ajar Geometri Transformasi Berdasarkan Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan bahan
ajargeometri transformasi berbasis problem based learning yang berkualitas
untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pendidikan
matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan 2) mengetahui respon
mahasiswa terhadap bahan ajargeometri transformasiyang dikembangkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri atas tiga tahap
yaitu: tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap validasi. Tahap
pendahuluan meliputi: studi pustaka, analisis kebutuhan dan karakteristik
mahasiswa, dan merencanakan bahan ajar. Tahap pengembangan meliputi:
menentukan materi, SK, KD, dan indikator, analisis materi, menyusun bahan
ajar, dan membuat instrumen penelitian. Tahap validasi meliputi validasi ahli,
analisis konseptual, revisi II, uji coba kelompok kecil, dan revisi II. Instrumen
yang digunakan adalah lembar penilaian bahan ajar dan lembar respon
mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar geometri transformasi
berbasis problem based learning yang layak untuk menfasilitasi kemampuan
komunikasi matematis. Bahan ajar dikembangkan dengan menggunakan
masalah,konsep, teorema, dan latihan soal. Setiap materi diawali dengan
masalah yang dikembangkan untuk menfasilitasi kemampuan komunikasi
matematis mahasiswa. Bahan ajar ini sudah divalidasi sehingga telah
memenuhi kriteria kelayakan bahan ajar. bahan ajar geometri transformasi
tersebut nilai kelayakannya dengan kategori Sangat Baikdengan persentase
90,3% dan respon Positifdari mahasiswa dengan persentase 78,3% dari
mahasiswa.