Show simple item record

dc.contributor.authorHaji, Saleh
dc.date.accessioned2015-05-18T06:49:12Z
dc.date.available2015-05-18T06:49:12Z
dc.date.issued2015-03-07
dc.identifier.citation[1] Sylfaen, C., Maths Outdoors in the Foundation Phase. Powys, 2005. [2] Maiharoa, How Do Humans Develop a Relationship Whit The Outdoors? Education Outdoors New Zealend, 2009. [3] Sutherland, A., Out and About. Education Outdoos in New Zealand, 2009. [4] Fennema,E.,&Franke,L.M., Teachers’knowledgeanditsimpact.InD.A.Grouws(Ed.),Handbookofrese archonmathematics teachingandlearning(pp.147–164), Macmillan, 1992. [5] Soedjadi, R., Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Dikti Depdiknas, 1999/2000. [6] Humble, S., Maths on the Quayside. Newcastle. Terdapat pada www.ncetm.org.uk., 2007. [7] Stevens &Scott, Developing Mathematics Out-Of- Doors. Lewisham, 2002. [8] Bratton, C., Learning Outdoors, NSA Publication, 2005. [9] Broadway & Duncan, Find The Mathematics in The Great Outdoors of Texas, Texas Mathematics Teacher, Volume LVIII Issue 1 Spring, 2011. [10] Steinbring, H., The Construction of New Mathematical Knowledge in Classroom Interaction, Springer, 2006. [11] Ernest, P., Constructing Mathematical Knowledge: Epistemology Mathematical Education, The Falmer Pers., 1994. [12] Wittmann, E.C., Developing Mathematics Education in a Systemic Process. Educational Studies in Mathematics, 48(1), 1-20, 2001.in_ID
dc.identifier.isbn978.602.361.002.0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5987
dc.description.abstractPembelajaran matematika yang dilakukan di dalam kelas kurang optimal dalam membangun pengetahuan matematika siswa Sekolah Dasar (SD. Sehingga perlu dilakukan pembelajaran matematika di luar kelas. Bagaimana cara melakukan pembelajaran matematika di luar kelas (outdoors mathematics) yang dapat membangun pengetahuan matematika siswa SD? Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan studi kajian pustaka yang berkaitan dengan pembelajaran outdoors mathematics dan pengetahuan matematika. Studi ini menghasilkan cara (sintaks) melakukan pembelajaran outdoors mathematics yang dapat meningkatkan pengetahuan matematika siswa. Langkah-langkah tersebut sebagai berikut: 1.Guru mempersiapkan siswa agar siap mengikuti pembelajaran, 2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, 3. Guru menyampaikan topik materi yang akan dipelajari dan cara belajar yang akan dilakukan di luar kelas, 4. Guru mengajak siswa ke luar kelas menuju tempat (objek) yang terkait dengan matematika, 5. Siswa melakukan pengamatan dan memanipulasi objek tersebut atau melakukan suatu permainan, 6. Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan berbagai konsep matematika yang terdapat dalam objek yang diamati atau dalam permainan yang mereka lakukan, 7. Guru bersama-sama siswa menyimpulkan berbagai konsep matematika yang terdapat dalam objek dan permainan yang telah dilakukan, 8. Guru mengajak siswa kembali ke dalam kelas, 9. Guru memperjelas dan mengulas tentang konsep-konsep matematika yang telah diperoleh siswa di luar kelas dan mengaitkan dengan tujuan pembelajaran (kompetensi) yang ingin dicapai, 10. Guru menyampaikan rangkuman terhadap pelajaran yang telah dilakukannya bersama-sama siswa, dan 11. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk memantapkan pemahaman konsep yang telah dipelajarinya dan memberikan arahan tentang materi yang akan dipelajari dan kegiatan di luar kelas pada pertemuan berikutnya.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectpengetahuan matematika siswain_ID
dc.subjectpembelajaran outdoor mathematicsin_ID
dc.titleMembangun Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Outdoor Mathematicsin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record