Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Mathematics terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri I Tempurejo Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh metode
pembelajaran matematika di luar kelas terhadap perubahan sikap siswa
terhadap matematika pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama
Negeri I Tempurejo pada sub pokok bahasan skala, (2) pengaruh metode
pembelajaran matematika di luar kelas terhadap hasil belajar siswa kelas
VII Sekolah Menengah Pertama Negeri I Tempurejo. Metode
pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, dokumentasi,
observasi dan interviu. Analisis data yang digunakan adalah uji peringkat
bertanda Wilcoxon untuk mengetahui pengaruh sikap dan uji t-test untuk
mengetahui pengaruh hasil belajar siswa. Untuk mengetahui heterogenitas
kelas digunakan nilai tes tulis penerimaan siswa baru Sekolah Menengah
Pertama Negeri 1 Tempurejo. Kesimpulan dari penelitian antara lain: (1)
Metode pembelajaran matematika di luar kelas berpengaruh dalam
mengubah sikap negatif siswa menjadi sikap positif terhadap matematika
pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri I Tempurejo, (2)
Metode pembelajaran matematika di luar kelas berpengaruh terhadap hasil
belajar siswa yang kurang memuaskan menjadi memuaskan atau lebih
baik pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri I
Tempurejo.