Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur
pembelajaran Two Stay Two Stray yang dapat meningkatkan kemampuan
komunikasi matematis siswa, untuk mengetahui peningkatan komunikasi
matematis siswa, dan peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI IPA 5
Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Purwosari. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 5 Sekolah
Menengah Atas Negeri 1 Purwosari Tahun Pelajaran 2012-2013 yang
berjumlah 36 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah prosedur pembelajaran
Two Stay Two Stray yang dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa
adalah: (1) siswa berkelompok secara heterogen; (2) siswa berdiskusi dengan
kelompok asal mengerjakan LKS; (3) dua orang dari masing-masing kelompok
bertamu ke dua kelompok yang berbeda berdasarkan ketentuan guru dan
menuliskan hasil temuannya di lembar tamu; (4) tamu kembali ke kelompok
asal untuk menyampaikan hasil temuan dari kelompok yang didatanginya; (5)
diskusi kelas. Komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan yaitu
rata-rata nilai komunikasi matematis siswa 69,79 di akhir siklus 1 dan di akhir
siklus 2 naik menjadi 79,63. Selain itu, motivasi siswa juga mengalami
peningkatan dengan adanya pembelajaran menggunakan model Two Stay Two
Stray.