Show simple item record

dc.contributor.authorKaltsum, Honest Ummi
dc.date.accessioned2015-05-19T07:32:18Z
dc.date.available2015-05-19T07:32:18Z
dc.date.issued2015-05-09
dc.identifier.citationMeliono, I. 2011. Understanding the Nusantara Thought and Local Wisdom as an Aspect of the Indonesian Education. TAWARIKH: International Journal for Historical Studies. Mungmachon, R. 2012. Knowledge and Local Wisdom: Community Treasure International Journal of Humanities and Social Science Vol. 2 No. 13; July 2012 Padmanugraha. 2010. Common Sense Outlook on Local Wisdom and Identity: A Contemporary Javanese Native’s Experience. Presented in International Conference on “Local Wisdom for Character Building” on May 29, 2010 Setiyadi, D.B.P. 2013. Discourse Analysis Of Serat Kalatidha: Javanese Cognition System And Local Wisdom. Asian Journal Of Social Sciences & Humanities. Vol.2 No. 4 November 2013 ISSN 2186 8484 Wisnuaji dan Jafar. 2013. Local Wisdom-Based Trisakti Mmqs Curriculum. A paper presented at International Cooperation for Education about Standardization (ICES) taking place 12-14 June 2013 at ETSI, Sophia Antipolis, France Sudartini, S. Inserting Local Culture In English Language Teaching To Promote Character Education. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/download/1451/1238 Widuroyekti. Kearifan Lokal Dalam Sastra Lisan Sebagai Materi Pembelajaran Karakter Di Sekolah Dasar. http://utsurabaya.files.wordpress.com/ 2013/01/barokah.pdfin_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-1-2
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6011
dc.description.abstractDerasnya arus globalisasi berdampak pada semua aspek kehidupan bangsa yang salah satunya berupa terkikisnya rasa kecintaan terhadap budaya lokal. Salah satu dampak yang dirasakan adalah dampak globalisasi terhadap pendidikan dan pengajaran bahasa asing (Inggris) karena mengajarkan bahasa sekaligus mengajarkan budaya bahasa tersebut. Sementara itu, dalam Permendikbud No. 67 Th 2013 tentang kurikulum SD dituliskan bahwa Mata Pelajaran SD/MI terdiri dari dua kelompok, kelompok A dan kelompok B. Mata pelajaran Kelompok B adalah kelompok mata pelajaran muatan lokal yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah. Sehubungan dengan permasalahan di atas, salah satu cara mengantisipasi akibat buruk globalisasi, dapat dilakukan pengintegrasian kearifan lokal di dalam mata pelajaran muatan lokal karena mata pelajaran muatan lokal sarat dengan potensi lokal daerah yang bersangkutan. Tulisan ini mengkasi tentang bagaimana mata pelajaran muatan lokal yang digali dari kearifan lokal dapat berperan serta memberikan penguatan karakter kepada perserta didik untuk menjembatani dampak globalisasi.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectMuatan Lokalin_ID
dc.subjectPotensi Lokalin_ID
dc.subjectPenguatan Karakterin_ID
dc.titlePenguatan Karakter Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran Muatan Lokalin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record