dc.contributor.author | Kaltsum, Honest Ummi | |
dc.date.accessioned | 2015-05-19T07:32:18Z | |
dc.date.available | 2015-05-19T07:32:18Z | |
dc.date.issued | 2015-05-09 | |
dc.identifier.citation | Meliono, I. 2011. Understanding the Nusantara Thought and Local Wisdom as an Aspect of the Indonesian Education. TAWARIKH: International Journal for Historical Studies. Mungmachon, R. 2012. Knowledge and Local Wisdom: Community Treasure International Journal of Humanities and Social Science Vol. 2 No. 13; July 2012 Padmanugraha. 2010. Common Sense Outlook on Local Wisdom and Identity: A Contemporary Javanese Native’s Experience. Presented in International Conference on “Local Wisdom for Character Building” on May 29, 2010 Setiyadi, D.B.P. 2013. Discourse Analysis Of Serat Kalatidha: Javanese Cognition System And Local Wisdom. Asian Journal Of Social Sciences & Humanities. Vol.2 No. 4 November 2013 ISSN 2186 8484 Wisnuaji dan Jafar. 2013. Local Wisdom-Based Trisakti Mmqs Curriculum. A paper presented at International Cooperation for Education about Standardization (ICES) taking place 12-14 June 2013 at ETSI, Sophia Antipolis, France Sudartini, S. Inserting Local Culture In English Language Teaching To Promote Character Education. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/download/1451/1238 Widuroyekti. Kearifan Lokal Dalam Sastra Lisan Sebagai Materi Pembelajaran Karakter Di Sekolah Dasar. http://utsurabaya.files.wordpress.com/ 2013/01/barokah.pdf | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-1-2 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6011 | |
dc.description.abstract | Derasnya arus globalisasi berdampak pada semua aspek kehidupan bangsa yang salah
satunya berupa terkikisnya rasa kecintaan terhadap budaya lokal. Salah satu dampak
yang dirasakan adalah dampak globalisasi terhadap pendidikan dan pengajaran
bahasa asing (Inggris) karena mengajarkan bahasa sekaligus mengajarkan budaya
bahasa tersebut. Sementara itu, dalam Permendikbud No. 67 Th 2013 tentang
kurikulum SD dituliskan bahwa Mata Pelajaran SD/MI terdiri dari dua kelompok,
kelompok A dan kelompok B. Mata pelajaran Kelompok B adalah kelompok mata
pelajaran muatan lokal yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi
dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah. Sehubungan dengan
permasalahan di atas, salah satu cara mengantisipasi akibat buruk globalisasi, dapat
dilakukan pengintegrasian kearifan lokal di dalam mata pelajaran muatan lokal karena
mata pelajaran muatan lokal sarat dengan potensi lokal daerah yang bersangkutan.
Tulisan ini mengkasi tentang bagaimana mata pelajaran muatan lokal yang digali dari
kearifan lokal dapat berperan serta memberikan penguatan karakter kepada perserta
didik untuk menjembatani dampak globalisasi. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Muatan Lokal | in_ID |
dc.subject | Potensi Lokal | in_ID |
dc.subject | Penguatan Karakter | in_ID |
dc.title | Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran Muatan Lokal | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |