Show simple item record

dc.contributor.authorIndriani, Fitri
dc.date.accessioned2015-05-19T07:41:09Z
dc.date.available2015-05-19T07:41:09Z
dc.date.issued2015-05-09
dc.identifier.citationAgustian, Ary Ginanjar, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan spiritual ESQ, Jakarta : Arga, Cet IV, 2001. Inayati, Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak: Anak Cerdas Dunia Akhirat, Majalah Ummi Edisi Spesial 4 tahun 2002. Nggermanto, Agus, Quantum Quontient ( Kecerdasan Quantum) : Cara Cepat Melejidkan IQ, EQ dan SQ Secara Harmonis, Bandung : Nuansa, 2001. Pasiak, Taufik, Revolusi IQ / EQ / SQ antara Neurosains dan Al-Qur’an, Bandung : Mizan Cet.V, 2005. Satiadarma, Monty P, Fidelis E. Waruwu, Mendidik Kecerdasan, Jakarta : Pustaka Populer Obor, 2003. Tasmara, Toto, Kecerdasan Ruhania ( Transendental Intellegence), Jakarta : Gema Insani Press, 2001. Yosep, Iyus, Pentingnya ESQ ( Emosional, dan Spiritual Quotion bagi Perawat dalam Manajemen Konflik), Makalah , Stap Pengajar Bagian Keperawatan Jiwa di UNPAD Zohar, Dana dan Ian Marshall, SQ memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berfikir Integralistik dan Holistik Untuk Memaknai Kehidupan, Mizan : Bandung, 2002.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-1-2
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6014
dc.description.abstractSelama ini ada anggapan yang keliru mengenai barometer anak yang berkualitas. Lembaga pendidikan bertahun-tahun mengagungkan prestasi siswanya hanya dari perolehan nilai-nilai hasil ujian yang bersifat metematis saja, sedangkan kematangan kepribadian yang diperlihatkan dari nilai etika seakan terabaikan. Begitu pula fenomena yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat. Ranking kelulusan dianggap sebagai cerminan kualitas anak, yang baru didominasi oleh kemampuan intelektualnya saja. Pada hal kalau kita amati kecerdasan rapor (IQ,IP) hanya mengukur kemampuan bahasa dan metematika, sementara kreativitas, kapasitas emosi, nuansa spiritual, dan hubungan sosial tidak diukur oleh IQ. Artikel ini merupakan hasil penelaahan dengan menggunakan studi pustaka dari beberapa referensi yang mendukung gagasan. Selanjutnya ditelaah sesuai dengan alur penulisan ilmiah. Adapun sistematika dalam penulisan ini terdiri dari pendahuluan, isi dan simpulan. Isi pembahasan dari artikel ini mengkaji tentang “strategi peningkatan kecerdasan spiritual anak sekolah di dasar”. Berdasarkan hasil penelusuran dari berbagai referensi menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual bukan menjadi satu-satunya barometer kesuksesan seseorang. Namun ada kecerdasan yang lebih penting dan mampu membawa seseorang menjadi lebih sukses yaitu kecerdasan spiritual. Karena kecerdasan spiritual adalah inti dari kesadaran yang membuat orang mampu menyadari siapa dirinya dan bagaimana orang memberi makna terhadap kehidupan. Agar kecerdasan spiritual itu selalu terpatri dalam diri peserta didik, maka lembaga pendidikan formal dalam hal ini sekolah dasar, perlu meningkatkan kecerdasan spritual pada peserta didik. Terkait dengan hal tersebut, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan antara lain; (1) guru menjadi teladan bagi peserta didik; (2) membantu peserta didik merumuskan missi hidup mereka; (3) baca alqur’an bersama peserta didik dan jelaskan maknanya dalam kehidupan nyata; (4) menceritakan pada peserta didik tentang kisah-kisah agung dari tokoh-tokoh spiritual; (5) mengajak peserta didik berdiskusi dalam berbagai persoalan dengan perspektif ruhaniah; (6) mengajak peserta didik kunjungan ke tempat-tempat orang yang menderita; (7) melibatkan peserta didik dalam kegiatan keagamaan; (8) membacakan puisi-puisi atau lagu-lagu dan mendengarkan musik yang bersifat spiritual dan inspirasional; (9) mengajak peserta didik menikmati keindahan alam; (10) mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan-kegiatan sosial.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectStrategiin_ID
dc.subjectKecerdasan Spiritualin_ID
dc.subjectAnak Sekolah Dasarin_ID
dc.titleStrategi Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak di Sekolah Dasarin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record