Penanaman Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar
Abstract
Krisis karakter yang terjadi saat ini sangat mengkhawatirkan karena melibatkan anakanak.
Hal itulah yang mendasari pentingnya pendidikan karakter di Sekolah Dasar.
Pendidikan karakter di Sekolah Dasar dapat dilaksanakan secara terpadu. Proses
pembelajaran pendidikan karakter secara terpadu bisa diterapkan karena anak akan
tumbuh dengan baik jika dilibatkan secara alamiah dalam proses belajar. Pendidikan
karakter dalam pembelajaran terpadu memiliki 10 model integrasi pembelajaran
terpadu yaitu model fragmented, connected, nested, sequenced, shared, webbed,
threaded, integrated, immersed, dan networked. Pendidikan karakter dalam
pembelajaran di sekolah dasar terintegrasi dengan semua mata pelajaran. Sasaran
integrasinya adalah materi pelajaran, prosedur penyampaian, serta pemaknaan
pengalaman belajar para siswa. Konsekuensi dari pembelajaran terpadu adalah cara
belajar para siswa harus bervariasi sesuai dengan karakter masing-masing siswa
sehingga akan membentuk karakter yang baik dari setiap siswa.