dc.identifier.citation | Althof, W., & Berkowitz,M.W. 2006. Moral Education & Character Education: Their Relationship and Roles in Citizenship Education. Journal of Moral Education, 35 (4), P.495-518 Aslan, Mecit. 2011.Handbook Of Moral And Character Education,Edt. Larry P. Nucci And Darcia Narvaez. International Journal of Instruction.Vol.4, No.2, P.211214 Bungin, Burhan. 2008. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Departemen Pendidikan Nasional, Direktrat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Hidayatullah, M.Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Perkasa Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian Dan Pengembangan PusatKurikulum. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa.Jakarta: Kemendiknas. Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media. Moleong, Lexy J. 2004.Metodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi. Bandung: CV. Remadja Karya. Pike, M.A. 2010. Christianity and Character Education: Faith in Core Values?.Journal of Belies & Values: Studies in Religion & Educaty. 31 (3). P. 311-312 Samani, Muchlas., Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan faktor
penghambat pelaksanaan pendidikan karakter yang sudah diterapkan di SDM
BaturanKaranganyar.Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan strategi
studi kasus.Sumber data penelitian adalah informan, tempat/peristiwa, dan dokumen.
Teknik pengumpulan data adalah (1) pengamatan terlibat aktif (2) wawancara
mendalam dengan orangtua, guru, dan siswa SD Muhammadiyah Baturan
Karanganyar (3) Studi dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi
data dan informan review.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif
meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan simpulan. Penelitian ini
menunjukkan bahwa ada beberapa hambatan dalam usaha menanamkan karakter yang
berasal dari siswa, guru, maupun pihak keluarga/orang tua dan lingkungan. | in_ID |