• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Pembelajaran Inovatif dan Kreativitas Guru dalam Pendidikan Profetik di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun 2014

    Thumbnail
    View/Open
    Mulyadi Sri Kamulyan.pdf (261.7Kb)
    Date
    2015-05
    Author
    Kamulyan, Mulyadi Sri
    Sutrisna, Wiria
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran inovatif dan kreatifitas guru dalam pendidikan profetikdi SDIT Nur Hidayah Surakarta dengan menggunakan pengamatan, wawancara dan melihat dan menganalisis dokumen pembelajaran di sekolah. Sumber informasi dan informan dipilih orang yang berkompeten dan mempunyai relevansi dengan penelitian ini.Penerapan pembelajaran inovatif dan kreatifitas guru dalam pendidikan profetik di SDIT Nur Hidayah, melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan ramah anak sehingga proses pembelajaran bisa lebih efektif dan terarah sesuai teladan Rosul Muhammad SAW. Pembelajaran inovatif dan kreatif memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter siswa. Siswa berkarakter islami, pandai membaca al-Qur’an sesuai dengan tajwid-nya, hafal juzz 30, doa dan hadis pilihan. Siswa disiplin dalam mengikuti pembelajaran maupun beribadah sesuai dengan tuntunan agama Islam yang baik dan benar. Pendidikan profetik adalah proses pembelajaran yang dikorelasikan dengan nilai religi dengan usaha menanamkan sifat wajib bagi Rosul ke dalam pembelajaran, sifat wajib tersebut yaitu benar (Shiddiq), dapat dipercaya (Amanah), menyampaikan (Tabliq), cerdas (Fathonah) yang sesuai dengan landasan al-Qur’an dan Sunnah, sebagai tujuan akhirnya adalah manusia taqwa. SDIT Nur Hidayah menggunakan empat jenis kurikulum sekaligus, yaitu Kurikulum Nasional 2004, Kurikulum Madah Diniyah, Kurikulum Pendidikan al-Qur’an, dan Kurikulum Kepanduan. Kesimpulan penelitian ini adalah SDIT Nur Hidayah dapat menerapakan pembelajaran fullday school yang menyenangkan dan ramah anak.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6043
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV