Implementasi Pembelajaran Inovatif dan Kreativitas Guru dalam Pendidikan Profetik di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun 2014
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran inovatif dan
kreatifitas guru dalam pendidikan profetikdi SDIT Nur Hidayah Surakarta dengan
menggunakan pengamatan, wawancara dan melihat dan menganalisis dokumen
pembelajaran di sekolah. Sumber informasi dan informan dipilih orang yang
berkompeten dan mempunyai relevansi dengan penelitian ini.Penerapan pembelajaran
inovatif dan kreatifitas guru dalam pendidikan profetik di SDIT Nur Hidayah, melalui
kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan ramah anak sehingga proses
pembelajaran bisa lebih efektif dan terarah sesuai teladan Rosul Muhammad SAW.
Pembelajaran inovatif dan kreatif memberikan dampak positif dalam pembentukan
karakter siswa. Siswa berkarakter islami, pandai membaca al-Qur’an sesuai dengan
tajwid-nya, hafal juzz 30, doa dan hadis pilihan. Siswa disiplin dalam mengikuti
pembelajaran maupun beribadah sesuai dengan tuntunan agama Islam yang baik dan
benar. Pendidikan profetik adalah proses pembelajaran yang dikorelasikan dengan
nilai religi dengan usaha menanamkan sifat wajib bagi Rosul ke dalam pembelajaran,
sifat wajib tersebut yaitu benar (Shiddiq), dapat dipercaya (Amanah), menyampaikan
(Tabliq), cerdas (Fathonah) yang sesuai dengan landasan al-Qur’an dan Sunnah,
sebagai tujuan akhirnya adalah manusia taqwa. SDIT Nur Hidayah menggunakan
empat jenis kurikulum sekaligus, yaitu Kurikulum Nasional 2004, Kurikulum Madah
Diniyah, Kurikulum Pendidikan al-Qur’an, dan Kurikulum Kepanduan. Kesimpulan
penelitian ini adalah SDIT Nur Hidayah dapat menerapakan pembelajaran fullday
school yang menyenangkan dan ramah anak.