Show simple item record

dc.contributor.authorSaifudin, M. Fakhrur
dc.date.accessioned2015-06-03T02:06:14Z
dc.date.available2015-06-03T02:06:14Z
dc.date.issued2015-05
dc.identifier.citationCahyani, Isah dan Siti Hodijah. 2009. Kemampua Berbahasa dan Bersastra Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press. Dedy, Endang dan Encum Sumiyati. 2013. “Begitu Pentingkah Apersepsi pada Proses Pembelajaran Siswa?”. Prosiding. Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung Djamaroh, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2012. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara. Nasution, S. 2010. Dikdaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-1-2
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6046
dc.description.abstractPemanfaatan folklor sebagai bahan apesepsi menjadi alternatif guru dalam memulai proses pembelajaran. Pembiasan suatu cerita dan tradisi yang turun-temurun inilah yang menjadikan folklor dapat digunakan sebagai bahan untuk apersespi pembelajaran di sekolah. Apersepsi dimunculkan untuk memberikan pengantar pembelajaran yang terpadu pada kompetensi yang hendak dicapai. Di ranah pendidikan dasar, apersepsi bersifat tematik. Artinya, kegiatan tersebut dilakukan secara holistik dalam kajian keilmuan. Pemanfaatan cerita-cerita tradisi kearifan lokal dengan menciptakan apersepsi yang inovatif. Inovatif dalam pembahasan ini merujuk pada penggunaan dan penyampaian folklor. Adapun fungsi folklor antara lain, (1) Folklor sebagai sistem proyeksi, yaitu sebagai alat pencerminan angan-angan suatu kelompok ; (2) Folklor sebagai alat pengesahan pranata-pranata dan lembaga-lembaga kebudayaan; (3) Folklor sebagai alat pendidikan anak-anak; dan (4) Folklor sebagai alat pemaksa dan penggagas norma-norma agar masyarakat selalu mematuhinya.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectApersepsiin_ID
dc.subjectFolklorin_ID
dc.subjectKarakterin_ID
dc.titleOptimalisasi Apersepsi Pembelajaran Melalui Folklor sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasarin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record