Formulasi Model Pemberdayaan Ekonomi Bagi Komunitas Usaha Mikro dan Pra Sejahtera Produktif (Implementasi Program Daya Bank BTPN- MUR Surakarta)
View/ Open
Date
2015-05-11Author
Wiyadi
Trisnawati, Rina
Syamsudin
Winarta, Suci
Metadata
Show full item recordAbstract
Menindaklanjuti temuan penelitian pada tahun 1 (pertama) mengenai tersusunnya
pengukuran efektifitas pemberdayaan ekonomi bagi komunitas usaha mikro dan prasejahtera
produktif, maka penelitian tahun ke 2 ini dirancang untuk
memformulasikan model pemberdayaan ekonomi bagi komunitas usaha mikro dan
pra-sejahtera produktif.. Program DAYA bank BTPN diperkenalkan pada 19 Juli
2011 yang dijadikan branding baru bank BTPN. Program ini memiliki 3 pilar yaitu
DAYA sehat sejahtera, DAYA tumbuh usaha dan DAYA tumbuh komunitas.
Program ini perlu diukur efektifitasnya dalam memberdayakan komunitasnya yaitu
usaha mikro dan pra sejeahtera produktif. Karenanya bank BTPN memerlukan mitra
aliansi strategis untuk memperkuat program DAYA terutama dalam meneliti
implementasi dari program tersebut dan perlunya perbaikan berkelanjutan terhadap
program DAYA. Program ini dapat membantu masyarakat pra sejahtera produktif
dan pengusaha mikro yang tergabung dalam MUR bank BTPN untuk meningkatkan
penghasilan keluarga dan dampaknya pada pengurangan kemiskinan. Pada tahun
pertama telah tersusun pengukuran efektifitas program DAYA dengan indikator
Customer Satisfaction Index (CSI), Net Promotar Score (NPS), kenaikan omzet
usaha, repayment rate, peningkatan nilai kredit dan skala usaha dari usaha mikro
menuju kelompok usaha Menengah. Selanjutnyadi tahun ke 2 ini adalah
memformulasikan model pemberdayaan ekonomi bagi komunitas usaha mikro dan
pra-sejahtera produktif Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan
kualitatif dengan survey, wawancara mendalam, pemberian pelatihan dan
ketrampilan usaha, memfasilitasi dalam mempromosikan hasil usahanya dan pengelolaan keuangan.. Model pemberdayaan ekonomi melalui pusat informasi
usaha, pelatihan manajemen keuangan, pemberian pelatihan dan ketrampilan serta
pelatihan manajemen pemasaran terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan
responden yang tergabung dalam MUR-BTPN Surakarta.