Rancangan Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Gamma Feedback Learning Model (GFLM)
Abstract
Saat ini model Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) semakin popular, namun pada umumnya, model ini menggunakan model pembelajaran yang tergantung sarana online yang dirancang dengan pendekatan ilmu psikologi. Minimnya interaksi langsung antara mahasiswa dengan dosen menyebabkan pendekatan psikologi dinilai kurang optimal. Paper ini memaparkan rancangan pembelajaran dengan GFLM, yaitu sebuah pendekatan pengendalian pada ilmu teknik untuk membawa setiap mahasiswa pada pembelajaran online mencapai ketuntasan. Pendekatan keteknikan diperlukan karena penerapan prinsip ketuntasan belajar pada e-learning, saat ini, memiliki effect size kurang dari 0.41 atau berpengaruh rendah. Rendahnya effect size ini salah satunya disebabkan sejak sekolah dasar mahasiswa sudah terbiasa dengan model tatap muka. Di sisi yang lain, penggunaan multimedia sangat berpengaruh pada perilaku belajar mahasiswa kondisi inilah yang dapat dioptimalkan untuk model jarak jauh. Model pembelajaran pada paper ini mengadaptasi konsep pengendalian umpan balik pada sistem keteknikan yang biasanya digunakan untuk pengendalian mesin. Adaptasi ini diperlukan untuk membentuk pengendalian proses belajar online yang terus menerus agar setiap mahasiswa bersedia mencapai ketuntasan dengan bantuan fasilitas e-learning dengan cara yang sebaik-baiknya.