Rancangan Kualitas Layanan Kegiatan Belajar Mengajar Dengan House Of Quality
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tentang customer satisfaction dalam hal layanan pelaksanaan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Dalam perjalanannya layanan pelaksanaan proses KBM sering dikeluhkan oleh dosen maupun mahasiswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan pengguna terhadap layanan perkuliahan serta merancang kualitas pelayanan proses pelaksanaan KBM berdasarkan kebutuhan dan keinginan pengguna.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pada metode QFD yaitu merancang kualitas layanan dengan House of Quality. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner kepuasan pelanggan dengan penilaian berdasarkan skala Linkert. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah dengan teknik Purposive Sampling.
Hasil penelitian ini adalah berupa rancangan kualitas layanan perkuliahan dengan 19 atribut layanan yang dibutuhkan serta yang diinginkan oleh penggguna KBM. Adapun rancangan kualitas pelayanan KBM yaitu merealisasikan 19 atribut layanan yang dibutuhkan dan yang diinginkan pengguna dengan prioritas pelaksanaan respon teknis berdasarkan pada hasil rangking bobot Relative Weight and Percent.