Show simple item record

dc.contributor.authorSutopo, Anam
dc.date.accessioned2012-03-26T04:31:24Z
dc.date.available2012-03-26T04:31:24Z
dc.date.issued2009-02
dc.identifier.citationAnderson. R.H. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. (Edisi Terjemahan oleh Yusufhadi Miarso). Jakarta: C.V. Rajawali. Dedi Supriadi. (2001). Anatomi Buku Sekolah di Indonesia. Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa. Karhami, Karim. 2001. “Peranan Buku Paket dalam Menjembadani Kesenjangan Antara Dokumen Kurikulum Tertulis dengan Pelaksanaan” dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No.033 Tahun 7. Hal. 8-9. Moleong, Lexy. J. (1990). Metodologi Penelitian Kualitatif .Bandung: Remaja Rosdakarya. Nasution. 1995. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: Bina Aksara. Ramelan. (1992).”Teknis Menulis” Makalah Pelatihan penulisan/Penerjemahan Buku di IKIP Semarang 23 Mei 1992. Sartono Kartodirdjo. (1989). “Fungsi Pengajaran Bahasa Inggris dalam Pembangunan Nasional” dalam Historika No.1 Tahun 1. Soekartawi. (1985). Meningkatkan Efektivitas Mengajar. Jakarta: Pustaka Jaya. Sukmadinata. N.S. 2001. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: RS. Sumiyarso. 2003. Penggunaan Berbagai Metode dalam Pembelajaran. Makalah Seminar di UKSW Salatiga tanggal 12 April 2003. Sutopo, H.B. 1996. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press. Winarno Surahmad. 1982. Metodologi Research. Bandung: Tarsito.en_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/639
dc.description.abstractSecara umum tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model bahan ajar bahasa Inggris untuk SD yang berbasis pada potensi daerah kota Surakarta sebagai kota Pariwisata. Adapun, tujuan khusus pada tahun pertama dari program penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar bahasa Inggris untuk SD yang berbasis pada potensi daerah kota Surakarta sebagai kota Pariwisata, menghasilkan bahan ajar bahasa Inggris untuk SD yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku di Kota Surakarta, dan menghasilkan bahan ajar bahasa Inggris untuk SD yang mempunyai tingkat kesulitan sesuai dengan perkembangan siswa. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kota Surakarta. Adapun strategi yang digunakan adalah studi kasus tunggal. Sumber datanya adalah informan, tempat dan peristiwa, serta arsip dan dokumen. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi langsung berperan pasif, wawancara mendalam, sifatnya terbuka dan tidak formal, mencatat arsip dan dokumen, serta memberikan kuesioner (angket terbuka). Penelitian ini menggunakan analisis interaktif. Hasil analisis menunjukkan sebagai berikut: (1) Model bahan ajar bahasa Inggris untuk SD yang sesuai dengan potensi daerah kota Surakarta sebagai kota pariwisata akan digunakan sebagai acuan bagi pembelajarannya bahasa Inggris untuk SD di Kota Surakarta. Materi pelajaran bahasa Inggris SD harus disesuaikan dengan misi kota Surakarta sebagai kota pariwisata agar dapat membantu pula pemerintah kota dalam mewujudkan cita-citanya dalam mewujudkan misinya sebagai kota pariwisata dan budaya. Materi dalam bahan ajar bahasa Inggris untuk SD harus memberikan gambaran, reklomendasi atau anjuran kepada semua siswa dan guru pengajarnya tentang kepariwisataan di Kota Surakarta. (2) Kurikulum merupakan rencana pendidikan atau pengajaran, suatu rencana yang memberi pedoman atau pegangan dalam proses kegiatan belajar mengajar, termasuk isi atau materi pelajaran beserta metode atau cara yang digunakan dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Penyusunan dan pengembangan bahan ajar harus sesuai dengan kurikulum dan memperhatikan asas filosofis, asas psikologis, dan asas sosiologis. (3) Materi dalam bahan ajar bahasa Inggris harus sesuai dengan perkembangan siswa dalam proses belajar mengajar. Bahan ajar bahasa Inggris uraiannya harus luas dan tidak menyulitkan siswa. Bahan ajar bahasa Inggris yang sesuai dengan tingkat perkembangannya akan membawa manfaat sangat besar bagi siswa. Penyusunan bahan ajar bahasa Inggris SD harus menggunakan kalimat yang lebih sederhana, singkat, uraian lebih jelas.en_US
dc.subjectbahan ajaren_US
dc.subjectbahasa Inggris untuk SDen_US
dc.subjectpariwisataen_US
dc.titleMODEL BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS UNTUK SD BERBASIS POTENSI DAERAH PEMERINTAH KOTA SURAKARTA SEBAGAI KOTA PARIWISATAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record