Show simple item record

dc.contributor.authorAdityarini, Hepy
dc.contributor.authorWijayanto, Agus
dc.contributor.authorMasykuroh, Qanitah
dc.date.accessioned2012-03-26T04:34:04Z
dc.date.available2012-03-26T04:34:04Z
dc.date.issued2009-02
dc.identifier.citationAdityarini, H. 2004. “Indonesian ESL Students’ Attitudes towards Four Varieties of English. Curtin University of Technology”. Western Australia. Unpublished Thesis. Ajzen, L. & Fishbein, M. 1980. Understanding attitudes and predicting social behavior. New Jersey: Prentice Hall. Al-Kahtany, A.H. 1995. “Dialectical Ethnographic ‘Cleansing’: ESL Students’ Attitudes towards Three Varieties of English”, Language Communication, 15, 2, hal.165-80. El-Dash, L.G. & Busnardo, J. 2001. “Brazilian Aattitudes toward English: Dimensions of Status and Solidarity”. International journal of Applied Linguistics, 1,1, hal.57-74. Gardner, R.C. 1985, Social Psychology and Second Language Learning: The Role of Attitude and Motivation. London: Edward Arnold. Gibb, M. 1998. “A Comparative Study of Attitudes towards Varieties of English Held by Professionals and Tertiary Levels Students in Korea, Unpublished Thesis. University of Surrey. Diakses tanggal 22 Oktober 2004 dari http://www.surrey.ac.uk/ ALRG/ dissertations/Gibb_M_1998.pdf . Graddol, D. 1999. ‘The Decline of the Native Sspeaker,’ dalam D. Graddol, & U.H. Meinhof (editor), English in a Changing World-L’anglais dans un Monde Changeant, The AILA Review 13, Guildford, hal. 57-68. Harmer, J. 2001. The Practice of English Language Teaching. Edinburgh Gate: Longman. Kachru, B. B. 1992. “Models for Non-native Englishes dalam B.B Kachru (ed.) The other Tongue: English Across Cultures, Urbana & Chicago: University of Illenois Press, hal. 48-74 Lambert, W.E, R.C. Hodgson, R.C. Gardner, & S. Fillenbaum, 1960. “Evaluational Reactions to Spoken Language,’Journal of abnormal and Social Psychology, 60, 44. McKay, S. L. 2003. “EIL Curriculum Development”. RELC Journal, 34,1, hal. 31-47. Rajadurai, J. 2002. “L2 Pronunciation: Sociolinguistic and Pedagogical Concerns,’ The English Teacher, 5,4, hal. 366-87. Diakses tanggal 14 Mei 2003 dari http://www.elt.eu.edu/ articles/5_4/Joanne_Rajaduarai_5.4_pdf . Teufel, G. 1995. “Language Aattitudes of Anglo-Australian High-Sschool Students towards German-Accented English, ‘VIEW[z], 4, 2, 131-145. Diakses tanggal 22 Oktober 2004 dari http://www.univie.ac.at/Anglistik/views /VIEW00_1.pdf . Thornbury, S. 2005. How to Teach Speaking. Edinburgh Gate: Pearson Education. Timmis, I. 2002. “Native Speaker Norms and International English: A Classroom View”. ELTJjournal, 56, 3, hal.240-49. Wardaugh, R. 1986. An Introduction to Sociolinguistics. Oxford:Basil Blackwellen_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/640
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah sikap mahasiswa jurusan Bahasa Inggris FKIP UMS terhadap 3 variasi bahasa Inggris (General American, Received Pronunciation, dan Indonesian English) dan seberapa sensitifkah keberterimaan 3 variasi bahasa Inggris ini. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner tertutup dan terbuka. Kuesioner tertutup digunakan untuk menjaring data tentang kesensitivan keberterimaan 3 variaasi bahasa Inggris ini, sedang yang tertutup untuk menjaring data mengenai sikap. Hasil penelitian ini dapat dipaparkan sebagai berikut: (1) ditinjau dari segi kecepatan dan pengucapan IndE atau variasi lokal dianggap yang paling mudah diikuti dan paling jelas di antara 2 variasi yang lain; (2) Ditinjau dari dimensi penyampaian variasi AmE yang dianggap paling menarik; (3) Variasi BrE yang selama ini dianggap paling prestise ternyata dianggap memiliki kecepatan yang sulit diikuti, pengucapan yang tidak jelas, dan penyampaian yang tidak menarik; (4) ditinjau dari jenis kelamin, tidak terdapat perbedaan yang siginifikan antara responden laki-laki dan perempuan dalam menilai kecepatan, pengucapan dan penyampaian ketiga variasi bahasa Inggris yang diteliti.en_US
dc.subjectsikapen_US
dc.subjectvariasi bahasaen_US
dc.titleSIKAP MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TERHADAP VARIASI BAHASA INGGRISen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record