Show simple item record

dc.contributor.authorHuda, Miftakhul
dc.contributor.authorHasjim, Nafron
dc.contributor.authorSunanda, Adyana
dc.date.accessioned2012-03-26T04:38:42Z
dc.date.available2012-03-26T04:38:42Z
dc.date.issued2009-02
dc.identifier.citationEndraswara, Suwardi. 2003. Membaca, Menulis, Mengajarkan Sastra. Yogyakarta: Kota Kembang. Hartanto. 2007. “Pengajaran Sastra dan Anak Didik”. www. Google. Com. Ismail, Taufiq. 2005. “Episode Kehidupan”. www. Google.com Jogiyanto. 2006. Filosofi, Pendekatan, dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus. Yogyakarta: Andi Offset. Mantra, Ida Bagoes. 2004. Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Saparie, Gunoto. 2006. “Hikmah Pengajaran Sastra Era Kolonial” Surat Kabar Harian Sinar Harapan Edisi 23 Agustus 2006. Soehartono, Irawan. 2004. Metade Penelitian Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Zaidan, A. Rozak, et al. 2001. Pedoman Penyuluhan Apresiasi Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa.en_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/642
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan memaparkan metode pengajaran sastra yang digunakan guru dan respon siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan proses pembelajaran Bahasa Indonesia (: sastra) di SMA Negeri 1 Surakarta kelas XI tahun ajaran 2007-2008. Objek penelitian ini adalah metode pengajaran yang digunakan guru dalam mengajarkan sastra dan respon siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesiner, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi, teknik deskriptif analisis, dan teknik intuitif. Penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyajian informal. Metode pengajaran sastra yang digunakan guru bervariasi. Metode itu di antaranya adalah ceramah, diskusi, tugas belajar, simulasi, latihan, sosiodrama, dan tanya-jawab. Respon siswa terhadap pembelajaran sastra dapat dilihat secara kelompok dan individu. Respon pembelajaran drama secara individu, di antaranya diwujudkan dengan membuat komik sederhana. Respon pembelajaran drama secara kelompok, di antaranya diwujudkan dengan membuat naskah drama dan membuat rekaman sandiwara. Pada pembelajaran prosa. Respon siswa terhadap pembelajaran dapat dilihat secara kelompok dan individu. Respon siswa secara individu terhadap pembelajaran prosa di antaranya diwujudkan dengan membuat cerpen dan membuat resensi novel. Respon siswa secara kelompok diwujudkan dengan diskusi kelompok tehadap materi prosa.en_US
dc.subjectpengajaran satraen_US
dc.subjectmetode mengajaren_US
dc.titlePEMBELAJARAN SASTRA: METODE PENGAJARAN DAN RESPON SISWAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record