Show simple item record

dc.contributor.authorAstuti, Wedyorini Windi
dc.contributor.authorSunarjono, Sri
dc.contributor.authorSutanto, Muslich Hartadi
dc.date.accessioned2015-12-22T02:02:37Z
dc.date.available2015-12-22T02:02:37Z
dc.date.issued2015-05-19
dc.identifier.citationJetareekul, P., Sunarjono, S., Zoorob, SE., Thom, NH., 2007, Early life performance of cement and foamed bitumen stabilised reclaimed asphalt pavement under simulated trafficking, The International Conference on Sustainable Construction Materials and Technologies, UK. Kementrian Pekerjaan Umum,2010,Spesifikasi Umum 2010,Direktorat Jendral Bina Marga. Pamungkas, 2009, “Kajian Uji Kuat Tekan Pada Asphalt Concrete Campuran Panas Dengan RAP”, Skripsi, Surakarta: Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pramudyo, 2013, “Investigasi Karakterik RAP Artifisial”, Skripsi, Surakarta: Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiya Surakarta Setyawan, 2014, “Konstruksi Lapis Perkerasan AC/WC Daur Ulang Diperkuat Dengan Geogrid Pra-Tegang”, Skripsi, Surakarta: Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sunarjono, S, 2006, Evaluasi Engineering Bahan Perkerasan Jalan Menggunakan RAP dan Foamed Bitumen, Jurnal Eco Rekayasa Vol 2 No 2 September 2006, Magister Teknik Sipil, UMS, Surakarta. Sunarjono, S., 2009. Investigating Rutting Performance of Foamed Cold-Mix Asphalt Under Simulated Trafficking, Dinamika Teknik Sipil, Volume 9 No. 2, Juli 2009, Teknik Sipil UMS, Surakarta. Sunarjono, S., 2010, Laboratory Stiffness Characterization of Foamed Cold-Mix Asphalt Using Indirect Tensile Stiffness Modulus Test, Dinamika Teknik Sipil, Volume 10 No. 1, Januari 2010, Teknik Sipil UMS, Surakarta. Sunarjono, S, Riyanto, A., Absori, 2012, Rekayasa Pemanfaatan Reclaimed Asphalt Pavement Untuk Preservasi Konstruksi Jalan. Simposium Nasional RAPI ke-11, Fakultas Teknik UMS, Surakarta. Sunarjono, S., 2013, Performance of Foamed Asphalt under Repeated Load Axial Test, Procedia Vol 54 (2013), Science Direct, Elsevier.in_ID
dc.identifier.issn2459-9727
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6477
dc.description.abstractPropertis campuran beraspal menggunakan bahan RAP (Reclaimed Asphalt Pavement) yang dimasak secara dingin belum kompetitif bila dibanding dengan propertis campuran beraspal hot mix. Bahan kapur biasanya digunakan sebagai bahan tambah campuran RAP untuk meningkatkan nilai daya dukungnya. Ada kebutuhan pengetahuan untuk menjawab penyebab rendahnya propertis campuran RAP, dan mekanisme kerja bahan tambah kapur dalam memperbaiki kinerja campuran RAP. Paper ini melaporkan hasil penyelidikan laboratorium untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan tersebut. Tujuan penyelidikan adalah analisis pengaruh komponen RAP dan bahan tambah kapur terhadap daya dukung campuran RAP. Metode penelitian menggunakan uji laboratorium terhadap sifat dasar RAP dan komponennya, hubungan sifat dasar bahan dengan daya dukung campuran RAP, pengaruh bahan tambah kapur terhadap daya dukung campuran RAP. Jenis pengujian yang dilakukan adalah uji identitas, abrasi, gradasi, ekstraksi, kepadatan, dan California Bearing Ratio (CBR). Pengujian dilakukan di Laboratorium Bahan Perkerasan Teknik Sipil UMS. Hasil penyelidikan dapat dijelaskan sebagai berikut ini. Nilai abrasi RAP sebesar 25,25%. Kadar aspal RAP berdasar uji ekstraksi sebesar 4,16%. Uji sand equivalent sebesar 92,93%. Hasil uji kepadatan dan CBR RAP adalah nilai kepadatan maksimum 1,664 gr/cm3 pada kadar air optimum 2,83%, dan nilai soaked CBR 20%. Pengaruh penambahan kapur dapat meningkatkan nilai kepadatan maksimum, kadar air optimum, dan CBR yang lebih tinggi. Penambahan kapur hingga 4,5% mampu meningkatkan nilai kepadatan maksimum hingga 1,766 gr/cm3, kadar air optimum 3,85%, dan soaked CBR 42% (nilai unsoaked CBR hanya 29%). Pada penelitian ini ditemukan bahwa rekayasa gradasi RAP dapat meningkatkan nilai kepadatan maksimum hingga 1,770 gr/cm3 dicapai pada kadar air optimum 3,23%. Berdasar hasil penyelidikan dapat disimpulkan bahwa propertis campuran RAP dapat ditingkatkan melalui rekayasa gradasi dan penambahan kapur. Bahan tambah kapur bekerja lebih efektif pada kondisi campuran RAP terendam air.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectRAP (Reclaimed Asphalt Pavement)in_ID
dc.subjectKapurin_ID
dc.subjectPemadatanin_ID
dc.subjectCBRin_ID
dc.titleAnalisis Pengaruh Bahan Tambah Kapur terhadap Karakteristik RAP (Reclaimed Asphalt Pavement)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record