dc.contributor.author | Ngalim, Abdul | |
dc.contributor.author | M. Wahyuddin | |
dc.contributor.author | Sarjono, Yetty | |
dc.date.accessioned | 2012-03-26T04:53:35Z | |
dc.date.available | 2012-03-26T04:53:35Z | |
dc.date.issued | 2009-02 | |
dc.identifier.citation | Chaer, Abdul & Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Cetakan kedua. Jakarta: Rineka Cipta. Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan nasional. Jakarta: Departemen Pednidikan Nasional Republik Indonesia. Depdiknas. 2006. Sistem Penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional untuk Pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional. Kotler, Philip,, Kertajaya, Hermawan, Huan Hooi Den, dan Liu Sandra. 2003. Rethinking Marketing Sustainable Marketing Enterprise di Asia. Dialihbahasakan oleh Marcus P. Widodo dari buku Rethingking Marketing Interprice in Asia. Cetakan I. Pearson Education, Asia, Jakarta: PT Prenhallindo. Mulyasa, E. 2005. “Menjadi Kepala Sekolah Profesional” dalam Etika Menyukseskan MBS dan KBK). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nixon, Helen. 2007. “Expanding the Semiotic Repertoire: Environmental Communication In The Primary School”. Australian Journal of Language and Uterac. Vol. 30 No. 2, 2007. Hal.: 102. Rivai, Veithzal. 2004. Kiat Memimpin dalam Abad ke-21. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Soebardjo, 2003. “Manajemen Sekolah dan Peran Masyarakat pada Rintisan Kelas Imersi.” Disampaikan dalam Workshop Perencanaan Kelas Imersi Tahun 2003. Dilaksanakan di Hotel Wina Wisata Bandungan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah. Veen, Rood Van Der.2006. “Communication and Creativity: Methodological Shifts in Adult Education”. International Journal of Lifelong Education. Vol. 25, no. 3. | en_US |
dc.identifier.issn | 1411-5190 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/647 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan sistem komunikasi manajerial
penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional, kelas akselerasi, dan imersi di SMA
Negeri di Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan
dengan wawancara dan dokumen. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, guru,
dan siswa di ketiga sekolah tersebut. Analisis datanya menggunakan teknik analisis interaksi
dan interpretasi. Analisis interaksi dilakukan dengan model siklus: pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas
RSBI, akselerasi, dan imersi memiliki karakterisitk: (1) arah komunikasinya merupakan
perpaduan antara dua dan multiarah, (2) bahasa yang dipergunakan sesuai dengan konteks
komunikasinya, (3) ada pembatasan jumlah siswa, (4) fasilitas memadai, (5) efektivitas
KBM terjamin, dan (6) kurikulum yang dijadikan acuan terbaru adalah KTSP. | en_US |
dc.subject | model | en_US |
dc.subject | sistem | en_US |
dc.subject | komunikasi | en_US |
dc.subject | managerial | en_US |
dc.subject | kelas khusus | en_US |
dc.title | MODEL PENGEMBANGAN SISTEM KOMUNIKASI MANAJERIAL PENYELENGGARAAN KELAS KHUSUS DI SMA NEGERI | en_US |
dc.type | Article | en_US |