dc.identifier.citation | Becker, Y., Maryro, P.M. and Yajaira, R., 2001, Polymer Modified Asphalt, Vision Tecnologica Vol. 9 No.1. Hossain, M., Vikranth, S.M., Saidur, R., Haritha, Y.M., 2010, Extending Pavement LifeUsing Thin Surfacing to Counter the Effect of Increased Truck Traffic Due toreight Movements on Highways, Manhattan: Kansas State University. Nicholls, J.C., Carswell, I. and William, J.T., 2002, Typical Propertis of Proprietary Thinasphalt Surfacing Systems, Proceedings of The Institution of Civil Engineers Shafii, M. A., M.Y. Abdul Rahman and J. Ahmad. 2011, Polymer Modified Asphalt Emulsion, International Journal of Civil &Enviromental Engineering IJCEE- IJENS, Vol. 11, No: 06. Walubita, L.F. and Tom, S., 2008, Thin Hma Overlays In Texas: Mix Design AndLaboratory Material Property Characterization, Texas: Texas Transportation Institute the Texas A&M University System. | in_ID |
dc.description.abstract | Deformasi permanen atau bekas roda adalah mode kegagalan utama dalam campuran aspal panas jalan khususnya di Negara panas dan gersang. Lapisan tipis adalah salah satu pemeliharaan jalan aspal yang dianggap sebagai aplikasi hemat biaya. Penggunaan aspal modifikasi polimer. Ethene-Vinyl-Acetate (EVA) dalam aspal modifikasi bertujuan meningkatkan kinerja dari HMA. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui besarnya kandungan aspal optimum dengan menggunakan polimer EVA di dalam lapisan tipis HMA. Untuk mengetahui pengaruh penambahan EVA di dalam lapisan tipis HMA dilakukan uji Marshall. Kadar aspal yang akan digunakan dalam aspal panas campur lapisan tipis yaitu 5.0%, 5.5%, 6.0%, 6.5% and 7.0%. Aspal Panas Campur telah dimodifikasi dengan 0%, 2%, dan 4% kadar EVA. Pengujian sampel menggunakan uji Marshall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stabilitas marshal, Marshal Quotient meningkat dengan peningkatan kadar EVA termodifikasi. Namun, Marshal Flow menurun ketika kadar EVA termodifikasi meningkat. Oleh karena itu, EVA dapat digunakan sebagai pengganti agregat untuk campuran aspal panas di daerah panas dan gersang karena dapat mencegah retak aspal. | in_ID |