Daspal (Damar Aspal) sebagai Bahan Alternatif Perkerasan Jalan Pengganti Aspal Konvensional
Date
2015-05-19Author
Nasution, Muhammad Fachri
Sumarsono, Agus
Setyawan, Ary
Metadata
Show full item recordAbstract
Daspal dimaksudkan sebagai bahan pengikat campuran perkerasan jalanalternatif pengganti aspal konvensional, dibuat dari bahan yang bersifat sustainable development terdiri dari getah damar selo yang merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, serbuk batu bata yang berasal dari sisa renovasi rumah, dan minyak goreng curah kualitas rendah.Daspal memiliki karakteristik yang mendekati aspal kategori pen 60/70. Hasil dari karakterisasi tiga jenisdaspal yang ditinjau menghasilkan data berupanilai penetrasi secara berurutan: 66 dmm, 74 dmm, dan 60 dmm; uji titik nyala secara berurutan: 214 °C, 234 °C, dan 231 °C; berat jenis secara berurutan:1.427 gr/cm3, 1.399 gr/cm3, dan 1.382 gr/cm3; nilai daktilitas secara berurutan: 13.5 cm, 25.5 cm, 14 cm; nilai titik lembek untuk semua daspal yang lebih dari 98 oC. Berdasarkan pengujian marshall diketahui campuran perkerasan yang menggunakan bahan pengikat daspal memenuhi karakteristik campuran LASTON kecuali pada kadaroptimum bahan pengikat. Kadar daspal optimum untuk masing-masingjenisyang ditinjau adalah12%, 10%, dan 7%dengan nilai stabilitas berurutan: 564,802 kg, 700.308 kg, dan 657.606 kg; flow berurutan: 2.60 mm, 2.35 mm, dan 2.44 mm; marshall quotient berurutan: 200.87 kg/mm, 232.70 kg/mm, dan 268.34 kg/mm; rongga udara berurutan: 3.80%, 3.31%, dan 3.38%; kepadatanberurutan: 2.24 gr/cc, 2.26 gr/cc, dan 2.26 gr/cc.Perluditelitilebihlanjutadalahdurabilitasdansifat-sifatmekanik daspal.