• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kaitan Antara Aqidah Akhlak dengan Kesejahteraan Siswa di Sekolah

    Thumbnail
    View/Open
    27-Tina Ulfatul Laili.pdf (636.7Kb)
    Date
    2015-06-13
    Author
    Laili, Tina Ulfatul
    Prasetyaningrum, Juliani
    Zuhdi, M. Najmuddin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sekolah yang baik adalah sekolah yang mampu memberikan pengalaman terbaik bagi siswa-siswinya dan membuat mereka merasa sejahtera (student well-being). Kesejahteraan siswa (student well-being) di sekolah mempengaruhi hampir seluruh aspek dalam mengoptimalkan potensi dan kompetensi siswa di sekolah. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kaitan antara aqidah akhlak dengan kesejahteraan siswa di sekolah. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif yang signifikan antara aqidah akhlak dengan kesejahteraan siswa di sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi SMP swasta di Surakarta berjumlah 87 orang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data uji korelasi Product Moment.. Berdasarkan hasil analisis Product Moment yang menggunakan alat bantu SPSS 19,0 For Windows Program, diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,425, dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil ini menunjukkan ada kaitan positif yang sangat signifikan antara akidah akhlak dengan kesejahteraan siswa di sekolah. Artinya semakin tinggi akidah akhlak siswa/siswi, semakin tinggi pula kesejahteraannya (student well-being). Selain itu juga ditemukan subjek penelitian memiliki tingkat aqidah akhlak dan kesejahteraan siswa di sekolah yang tergolong tinggi. Adapun sumbangan efektif variabel aqidah akhlak terhadap kesejahteraan siswa di sekolah sebesar 18% yang berarti masih ada 82% faktor lain yang mempengaruhi kesejahteraan siswa di sekolah seperti harga diri, kontrol diri, tujuan hidup dan relasi sosial.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/6538
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV