Show simple item record

dc.contributor.authorSuswandi
dc.contributor.authorMarkhamah
dc.contributor.authorSabardila, Atiqa
dc.date.accessioned2012-03-26T05:24:48Z
dc.date.available2012-03-26T05:24:48Z
dc.date.issued2010-02
dc.identifier.citationAhuja, G. C.dan Pramila Ahuja. 1999. How the Read to Effectively and Efficiently. Newdelhi: Sterling Publishers Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Depdikbud. 2007 Penelitian Tindakan Kelas. Tim Pelatih Proyek PGSM Propinsi Jawa Tengah. Departemen Pendidikan Nasional.2005. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia. Jakarta. Depdiknas. 2007. Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta Iskandarwasid; Dadang S. 2008. Strategi Pembelajaran Membaca.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Meier, Dave. 2005. The Accelerated Learning Handbook. Mc Graww Hill: New York. Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Smith, F. 1985. Reading. Cambridge: Camoridge University Press. Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sutopo, H.B. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press. Suwandi, Sarwiji. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13. Tampubolon, D. 1993. Kemampuan Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa. Tarigan, H.G. 1994. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Zuchdi, Darmiyati. 1996. “Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Proses”. Pidato Karya Ilmiah disampaikan pada Sidang Senat FPBS UNY. ______.2006.Peningkatan Keefektifan Membaca Mahasiswa dengan Teknik Ecola. Yogyakarta: FBS UNY. ______. 2007. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca: Peningkatan Komprehensi. Yogyakarta : UNY Press.en_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/653
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keaktivan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek membaca pemahaman siswa kelas VI SD Negeri Kutawaru 04 Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap melalui penerapan pendekatan SAVI. PTK menggunakan model Elliots yang menyatakan bahwa penelitian tindakan sebagai serangkaian langkah yang membentuk spiral. PTK dilaksana-kan dalam 3 siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap si-klus memiliki empat tahap, yaitu perencanaan (planing),tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting) Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas VI sejumlah 35 siswa, laki-laki 15 siswa perempuan 20 siswa dan guru kelas kelas VI SD Negeri Kutawaru 04 kecmatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap. Teknik pengumpulan data meliputi pengamatan, wawancara, kajian dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Teknik yang digunakan untuk memeriksa validitas data antara lain adalah triangulasi dan review informan kunci Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Simpulan penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman di kelas VI SD Kutawaru 04 Kecamatan Cilacap Tengah, dapat berjalan dengan efektif dengan diterapkannya pendekatan SAVI Keaktifan siswa dari siklus I, II dan III berangsur-angsur meningkat dari 67,62%, 88,57% dan 93,65%. Di samping itu, terjadi peningkatan nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman dari siklus I hingga Created by User siklus III. Siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai 23 siswa (66,67%), sebelumnya uji coba awal hanya 17 siswa (47,62%). sedangkan nilai rata-rata yang dicapai pada siklus I sebesar 65,71. Sebelumnya, nilai rata-rata uji coba awal 60,24. Pada siklus II ada peningkatan (4,76%) sehingga jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa (71,43%). Dan nilai rata-rata mencapai 72,38. Dilihat dari rerata sudah mencapai batas KKM, namun dari segi ketuntasan klasikal belum tercapai sehingga dilanjutkan tindakan siklus III. Hasilnya cukup memuaskan karena jumlah siswa tuntas sudah mencapai 90,48%, dan reratanya mencapai 80,24.en_US
dc.subjectmembaca pemahamanen_US
dc.subjectpendekatan SAVIen_US
dc.subjectPTKen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITIORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KUTAWARU 04 KECAMATAN CILACAP TENGAH KABUPATEN CILAPAN TAHUN PELAJARAN 2009-2010en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record