MENGENALKAN DOLANAN ANAK JAWA TENGAH MELALUI KOMPUTER DAN MEMPRAKTEKKANNYA
dc.contributor.author | Fadlilah, Umi | |
dc.contributor.author | Palupi, Krisna Sukmaning | |
dc.contributor.author | Maisyaroh | |
dc.contributor.author | Zakkiyah, Tiwik Hanif | |
dc.contributor.author | Budianto, Mawan | |
dc.date.accessioned | 2016-02-06T04:31:21Z | |
dc.date.available | 2016-02-06T04:31:21Z | |
dc.date.issued | 2015-10-15 | |
dc.identifier.citation | Anonim,(2013),“Bekel”,http://dolananndeso.blogspot.com/p/bekel.html, Diakses pada 9 September 2014 Cahyono, N.,(2011),“Permainan Jaranan”, http://permata- nusantara.blogspot.com/2011/02/jaranan.html,Diaksespada 10 September 2014 Fajri, N., Aufar, Ismail, K., Adhi, Purnomo, Fredy, (2013), “Aplikasi Permainan Casual Game\Becak PursuitBerbasis Html 5”, Skripsi BINUS. Priliyatini, V.,(2007)“Rancang Bangun Aplikasi Game Dakon Dengan J2se 5.0”, Skripsi, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta Septyono, A., (2013), “Pembuatan Game Budaya dengan Macromedia Flash 8”, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta. Wijayanti, V.,(2008),“Dolanan Anak dalam Masyaraka Jawa”,Jurnal Nilai Pendidikan Analisis, Universitas Indonesia, Jakarta Zone, V.,(2014), “Nostalgia Permainan Gobak Sodor atau Galah Asin”, http://era90.blogspot.com/2014/03/nostalgia-permainan-gobak-sodor-galahasin.html,diakses pada 10 September 2014 | in_ID |
dc.identifier.issn | 1412-9612 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6586 | |
dc.description.abstract | Dolanan anak biasanya dimainkan oleh anak anak-anak usia 5 sampai 10 tahun. Jaman dahulu, dolanan anak merupakan sarana agar anak-anak dapat bersosialisasi serta bekerja sama dengan teman-teman sebayanya. Namun, dolanan anak tersebut kini sudah semakin jarang dimainkan oleh anak-anak terutama yang tinggal di kota-kota besar. Mereka lebih familiar dengan permainan digital yang membuat mereka menjadi jarang bersosialisasi. Sepulang sekolah, anak-anak justru memilih lebih cepat pulang agar bisa lebih cepat mengakses komputernya dari pada tinggal disekolah sebentar untuk bermain dengan teman sebayanya. Terkait fenomena tersebut, maka penulis bemaksud untuk membuat permainan bertema dolanan anak yang dapat diakses menggunakan komputer dengan tampilan yang interaktif sehingga membuat mereka mengenal dan dapat mempraktekkan dolanan anak tersebut bersama teman-temannya. Aplikasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan anakanak modern tentang permainan tradisional anak Indonesia terutama di Provinsi Jawa Tengah. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | dolanan anak | in_ID |
dc.subject | construct 2 | in_ID |
dc.title | MENGENALKAN DOLANAN ANAK JAWA TENGAH MELALUI KOMPUTER DAN MEMPRAKTEKKANNYA | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |