Show simple item record

dc.contributor.authorPrasetya, Dedi Ary
dc.contributor.authorSoesanti, Indah
dc.contributor.authorHartanto, Rudy
dc.date.accessioned2016-02-10T01:18:10Z
dc.date.available2016-02-10T01:18:10Z
dc.date.issued2015-10-15
dc.identifier.citationAndaru, Ruli, Kombinasi Data Laser Scanning dan Fotogrametri Digital untuk Pemodelan Tiga DimensiCandi Borobudur, Thesis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2010. Benko, Hrvoje; Ishak, Edward W; and and Feiner, Steven, Collaborative Mixed Reality Visualization of an Archaeological Excavation, Proc. IEEE and ACM ISMAR. - Arlington, VA , 2004. Goesele, M.; Brian, Curless; dan Steven, M. Seitz, Multi-View Stereo Revisited, CVPR '06 Proceedings, 2006. Hernandez, C; and F. Schmitt. Silhouette and Stereo Fusion for 3D Object Modeling, Computer Vision and Image Understanding, 2004. - Vol. 96. Narayana, P. J.; Rander, P.; and Kanade, T., Constructing Virtual Worlds Using Dense Stereo, Proc. ICCV, Vol. 10, 1998. Pollefeys, M; Van Gool L.; Vergauwen, M.; Verbiest, F.; Cornelis, K.; Tops, J.; and Koch,R., Visual Modeling with a Hand-held Camera, International Journal of Computer Vision, Vol. 59, 2004. Shao-xing, HU; Hong-bin, ZHA; Ai-wu, ZHANG, Real 3D Digital Method for LargeScale Cultural Heritage Sites, Proceedings of the Ninth International Conference on Information Visualisation (IV‟05), IEEE, 2005. Wibirama, Sunu; dan Hidayat, Risanuri, Rekonstruksi dan Visualisasi Objek 3-D Berbasis Algoritma Direct Linear Transformation, JNTETI - Vol. 1. 2, Yogyakarta, 2012. Xinyu, Duan; Baoqing, Gu; and Chuangming, Shi, Virtual Exploration Application of Cultural Heritage for Anyang Yinxu, IEEE, 2007.in_ID
dc.identifier.issn1412-9612
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6593
dc.description.abstractMetode rekonstruksi 3D obyek relief candi ini menggunakan asumsi sederhana, yaitu berdasarkan gelap terang dari citra. Pertama kali adalah proses memperoleh point cloud dari dengan cara: citra dibuat menjadi grayscale lalu dikelompokkan berdasarkan tingkat keabuannya untuk kemudian diambil fiturnya menggunakan algoritma SIFT. Fitur yang dihasilkan lalu disusun secara bertingkat. Fitur paling gelap pada layer terbawah kemudian diberikan jarak tertentu untuk menempatkan tiap layer di atasnya. Point cloud ini lalu direkonstruksi menjadi sebuah obyek 3D dengan menghubungkan tiap titik yang ada menggunakan algoritma Ball-Pivoting untuk membentuk mesh 3D. Kumpulan titik dapat disusun dari hasil ekstraksi fitur tiap segmen citra dengan jarak antar lapisan yang sangat dekat untuk memudahkan proses rekonstruksi 3D. Proses rekonstruksi dengan algoritma Ball Pivoting sebagai pembentukan permukaan 3D dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa nilai radius bola, pada penelitian ini hasil rekonstruksi lebih baik pada nilai 7,5% dari set point. Proses rekonstruksi bisa menghasilkan permukaan 3D yang lebih baik saat menggunakan citra relief yang sederhana, kedalaman relief yang relatif dekat dan seragam serta tidak mempunyai lekukan permukaan yang rumit.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectalgoritma Ball Pivotingin_ID
dc.subjectkumpulan titikin_ID
dc.subjectrelief candiin_ID
dc.subjectsegmentasi tingkat keabuanin_ID
dc.subjectSIFTin_ID
dc.titleREKONSTRUKSI TIGA DIMENSI (3D) RELIEF CANDI MENGGUNAKAN SEGMENTASI GRAYSCALE CITRA DUA DIMENSI (2D) TUNGGALin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record