Show simple item record

dc.contributor.authorMoordiningsih
dc.contributor.authorPrastiti, Wiwin Dinar
dc.contributor.authorHertinjung, Wisnu Sri
dc.date.accessioned2012-03-26T05:42:16Z
dc.date.available2012-03-26T05:42:16Z
dc.date.issued2010-08
dc.identifier.citationGlisson, C & James, L. R. 2002. « The Cross Level Effects of Culture and Climate in Human Service Teams”. Journal of Organizational Behavior. 23, 767-794. Hackman, J.R 2002. Leading Teams: Setting the Stage for Great Performance. Boston: Harvard Business School Press. Jones, A.P & James, L.R. 1979. « Psychological Climate: Dimensions and Relationships of Individual and Aggregated Work Environment Perceptions”. Organizational Behavior and Human Performance, 23, 201-250. Katzenbach, J.R & Smith, D.K. 1993. The Wisdom of Teams: Creating The High-Performance Organization. Boston: Harvard Business School Press. Koys, D.J. & DeCotiis, T.A 1991. “Inductive Measures of Psychological Climate”. Human Relations. 44, 265-285. Kozlowsky, S.W.J & Farr, J.L 1988. “An integrative Model of Updating and Performance”. Human Performance, 1, 5-29. MacBryde, J & Mendibil, K. 2003. “Designing Performance Measurement Systems for Teams: Theory and Practice”. Management Decision. 41,(8), 722-733. Odden, C.M & Sias, P.M. 1997. “Peer communication Relationships and Psychological Climate”. Communication Quarterly. 45, (3) 153-166. Schneider, B. 1987. “The People Make the Place”. Personnel Psychology, 40, 437-453. Schneider, B. 1990. Organizational Climate and Culture. San Franscisco: Jossey-Bass. Schneider, B.J. & Bowen, D. 1985. „Employee and Customer Perception of Service in Banks: Replication and Extension”. Journal of Applied Psychology. 70, 423-433. Schneider, B., & Snyder, R.A 1975. „Some Relationships between Job Satisfaction and Organizational Climate”. Journal of Applied Psychology. 60, 318-328. Schneider, B.J., White, S.S & Paul, M.C. 1998. “Linking Service Climate and Customer Perceptions of Service Quality: Test of a Casual Model”. Journal of Applied Psychology. 83, 150-163. Stott, K., & Walker, A. 1995. Teams: Teamwork and Team Building. NewYork: Prentice Hall. Tashakkori, A. & Teddlie, A. 1998. Mixed Methodology: Combining Qualitative and Quantitative Approaches. Thousand Oaks: Sage Publications. Watson, W.E., Johnson, L., & Zgourides, G.D. 2002. The Influence of Etnich Diversity on Leadership, and Performance: An Examination of Learning Teams”. International Journal of Intercultural Relations, 26, 1-16. Watson, W.E., Michaelsen, L.K., & Sharp, W. 1991. “Member Competence, Group Interaction, and Group Decision Making: A Longitudinal Study. Journal of Applied Psychology, 76, 803-809. Weisbord, M. 1985. “Team Effectiveness Theory”. Training and Development Journal, 39, (1), 27-29. www.dikti.go.iden_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/659
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model situasi psikologis yang diharapkan mendukung performansi kelompok, khususnya tim-tim belajar (learning teams) yang belajar untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan-keputusan di tingkat perguruan tinggi. Permasalahan tentang perbaikan dan perubahan atmosfer akademik menjadi isu penting dalam pengembangan lembaga-lembaga pendidikan, khususnya perguruan tinggi. Atmosfer akademik dalam cakupan ilmu psikologi dikenal sebagai situasi/iklim psikologis (psychological climate) yang dapat diciptakan dalam sebuah kelompok/tim untuk menunjang performansi kelompok maupun organisasi yang lebih besar ke arah yang lebih baik. Dimensi situasi psikologis yang akan dikaji meliputi 5 hal, yaitu: kohesivitas kelompok, otonomi, inovasi, saling kepedulian dan tekanan/ tuntutan dalam kelompok. Performansi kelompok yang baik dapat diketahui dengan 4 indikator utama yaitu efektivitas, efisiensi, adanya pembelajaran dan pertumbuhan kelompok, serta kepuasan anggota kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data penelitian menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola-pola performansi tim belajar di perguruan tinggi ditentukan oleh interaksi sosial yang terjalin dengan baik dari seluruh komponen fakultas yang ada di perguruan tinggi dan kepedulian, keteladanan pemimpin dalam mengelola interaksi sosial untuk membuat inovasi-inovasi pembelajaran serta orientasi terhadap masa depan tim-tim belajar yang ada di perguruan tinggi.en_US
dc.subjectsituasi psikologisen_US
dc.subjectperformansi kelompoken_US
dc.subjecttim belajaren_US
dc.subjectatmosfer akademiken_US
dc.titleMODEL PENGARUH ATMOSFER AKADEMIK PSIKOLOGIS TERHADAP PERFORMANSI TIM BELAJAR DI PERGURUAN TINGGIen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record