Show simple item record

dc.contributor.authorHw, Slamet
dc.contributor.authorSetyaningsih, Nining
dc.date.accessioned2012-03-26T05:45:03Z
dc.date.available2012-03-26T05:45:03Z
dc.date.issued2010-08
dc.identifier.citationFreudenthal, H. 1991. Revisiting Mathematics Education. Dordrecht, The Netherlands: Kluwer Academic. Goffree, F. 1993. HF: “Working on Mathematics Education”. Educational Studies in Mathematics, 25 (1-2), 21-58. Gravemeijer, Koeno. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht, The Nederlands: Freudenthal Institute. Van den Akker, Jan. 1999. Principles and Methods of Development Research. In Jan van den Akker et al. (Ed.) Design Approaches and Tools in Education and Training pp. 1-14. Dordrecht: kluwer Academic Publishersen_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/660
dc.description.abstractPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk menguji derajat keterpakaian model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Berbasis Media dan Berkonteks Lokal. Ujicoba dilaksanakan di tiga Sekolah Dasar di tiga Kabupaten/Kota yaitu Surakarta, Sukoharjo dan Boyolali. Melalui seting Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diperoleh simpulan bahwa: (1) model yang dirancang dapat diimplementasikan dengan baik di semua tingkatan mulai Kelas 1 sampai Kelas 6, (2) media Pembelajaran yang dirancang untuk menunjang proses pembelajaran mudah diperoleh di semua lokasi ujicoba, (3) media pembelajaran yang dirancang untuk menunjang proses pembelajaran mudah digunakan, baik oleh guru maupun siswa, (4) penerapan model pembelajaran matematika realistik berbasis media dan berkonteks lokal dapat meningkatkan: minat, keaktifan, kreativitas, kemandirian, dan penguasaan konsep siswa, dan (5) ternyata pelaksanaan PMR memerlukan waktu yang lebih lama karena guru-guru belum biasa dengan model yang baru. Dari temuan tersebut dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran matematika realistik berbasis media dan berkonteks lokal (Surakarta) memiliki derajat keterpakaian yang tinggi, cukup efektif, namun kurang efisien karena memerlukan waktu yang cukup.en_US
dc.subjectpembelajaran matematika realistiken_US
dc.subjectberbasis mediaen_US
dc.subjectberkonteks lokalen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MATERI DAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS MEDIA DAN BERKONTEKS LOKAL SURAKARTA DALAM MENUNJANG KTSPen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record