Show simple item record

dc.contributor.authorRahayu, Sri
dc.contributor.authorMarkhamah, M.
dc.contributor.authorSabardila, Atiqa
dc.date.accessioned2012-03-26T06:22:46Z
dc.date.available2012-03-26T06:22:46Z
dc.date.issued2010-08
dc.identifier.citationDepartemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. —. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.en_US
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/661
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk memaparkan kemampuan guru-guru Bahasa Indonesia dalam mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMK Negeri 6. Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk menggali permasalahan dan hambatan yang dihadapi para guru dan sekolah dalam mengimplemantasikan kurikulum ini serta usaha yang mereka tempuh untuk mengatasi hambatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KTSP sudah dilaksanakan sesuai dengan peraturan pemerintah. Terdapat tiga hambatan dalam pelaksanaan KTSP yaitu berasal dari guru, sarana dan prasarana sekolah, dan stakeholders. Usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan KTSP tersebut adalah guru harus mampu mengembangkan dan menyesuaikan materi ajar dengan waktu yang tersedia, sarana dan prasarana digunakan secara bergantian, dan penyamaan persepsi antar guru melalui forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).en_US
dc.subjectKurikulum Tingkat Satuan Pendidikanen_US
dc.subjectimplementasien_US
dc.subjectpermasalahanen_US
dc.subjectsolusien_US
dc.titleIMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN 2008 / 2009en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record