dc.contributor.author | Aryani, M.F. Rina | |
dc.contributor.author | Hasyim, Nafron | |
dc.contributor.author | Prayitno, Harun Joko | |
dc.date.accessioned | 2012-03-26T06:32:43Z | |
dc.date.available | 2012-03-26T06:32:43Z | |
dc.date.issued | 2010-02 | |
dc.identifier.citation | Akhmadi, Mukhsin dan Mudjijono. 1988. Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam Kesusastraan. Ilmu Budaya Dasar. Surabaya : Usaha Nasional Budianta, Melani. 2002. Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya. Harymawan, R.M.A. 1988. Dramaturgi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Kelan, Sri. 2005. “Eksistensi Teater Sekolah dan Peranannya sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Tesis. Surakarta : Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Masunah, Juju. 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: P4 ST. UPI Miles, M.B. & Huberman, A.H. 1984. Qualitative Data Analysis : Sourcebook of a New Method. Beverly Hills : Sage Publications Padmodarmaya. 1983. Menjadi Aktor, Pengantar kepada Seni Peran untuk Pentas dan Sinema. Bandung: Remaja Rosdakarya Saini, 1994. Protes Sosial dalam Sastra. Bandung : Angkasa. Satoto, Sudiro. 2000. Telaah Drama Indonesia I. Surakarta : UNS Press Sebesta, Sylvia L & Stewig, Vars. 2002. “Literature Across the Curriculum-Using Literature in Elementary Classroom” Language Arts. Reprinted by Permission of National Council of Teachers of English NCTE, 68. pp. 110-118. Semi, Atar .1993. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya. Sudjiman, Panuti. 1990. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: UI Press Sutopo,HB. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta : UNS Press Tjokroatmodjo. 1985. Pengantar Ilmu Sastra Teori Sastra dan Drama. Surabaya: Usaha Nasional Waluyo, Herman, Suyatno Kartodirjo, dan Budhi Setiawan. 2006. “Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Apresiasi Drama”. (Laporan Hasil Penelitian Hibah Pascasarjana). Surakarta: Lembaga Penelitian Universitas Sebelas Maret. Wellek, Rene & Austin Warren. 1993. Teori Kesusastraan. (Terjemahan Melani Budianta). Jakarta: Gramedia | en_US |
dc.identifier.issn | 1411-5190 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/664 | |
dc.description.abstract | Secara umum penelitian bertujuan untuk membina perkembangan wawasan berkesenian
bagi siswa dan peningkatan apresiasi drama melalui pendidikan dengan memanfatkan
media pementasan drama. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah sebagai berikut
(1) mendeskripsikan pembinaan dan pementasan teater sekolah di SMA Pangudi Luhur
Surakarta dan (2) mendeskripsikan relevansi proses pembinaan teater sekolah dengan
pembelajaran apresiasi drama di SMA Pangudi Luhur Surakarta. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif atau kasus terpancang tunggal (Sutopo,
2002). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Pangudi Luhur Kota Surakarta, Jawa Tengah.
Penelitian dilakukan selama tiga bulan, di dalam proses belajar-mengajar maupun di
luar proses belajar mengajart. Sumber data meliputi: informan, arsip dan dokumen,
serta tempat dan peristiwa. Teknik analisis data yang digunakan adalahmodel interaktif
(Miles dan Huberman, 1984), yang terdiri dari tiga komponen analisis, yaitu: reduksi
data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pPembinaan dan pemenatasan pada kelompok Teater Biroe SMA Pangudi Luhur
Surakarta meliputi (a) pembinaan olah vokal disampaikan secara bertahap dan
bervariasi, (b) pembinaan olah nafas dan olah raga serta olah rasa dilatihkan secara
bersama-sama, (c) pembinaan latihan materi meliputi teknik berakting dan pemberian
pengetahuan tentang bedah naskah, dan (d) pementasan produksi. Fungsi teater sekolah
dalam pembelajaran apresiasi drama adalah (1) sebagai sumber belajar dalam
pembelajaran apresiasi drama, (2) aktivitas latihan teater sebagai model dalam
pembelajaran apresiasi drama, dan (3) teater sekolah sebagai pendorong kompetensi
bersastra bagi siswa. | en_US |
dc.subject | teater | en_US |
dc.subject | sekolah | en_US |
dc.subject | apresiasi drama | en_US |
dc.title | PEMBINAAN DAN PEMENTASAN TEATER SEKOLAH SERTA FUNGSINYA DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA DI KELAS XI SMA PANGUDILUHUR SURAKARTA | en_US |
dc.type | Article | en_US |