Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) pengaruh penggunaan strategi inquiry based
learning dan discovery learning terhadap hasil belajar siswa,(2) pengaruh tingkat motivasi
terhadap hasil belajar siswa,(3) interaksi antara strategi inquiry based learning dan discovery
learning ditinjau dari tingkat motivasi siswa terhadap hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini
adalah eksperimen.Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Klaten
tahun ajaran 2015/2016.Sampel penelitian ini yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan
jumlah 40 siswa dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah 40 siswa.Teknik
pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data
menggunakan tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu.
Teknik analisis menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tidak sama. Hasil penelitian
pada α = 5% diperoleh: (1) Terdapat pengaruh signifikan hasil belajar matematika menggunakan
strategi inquiry based learning dan strategi discovery learning,(2) Terdapat pengaruh yang
signifikan hasil belajar matematika ditinjau dari tingkat motivasi siswa,(3) Tidak ada interaksi
antara strategi pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar matematika