Show simple item record

dc.contributor.authorMurdiyanto, Tri
dc.date.accessioned2016-03-29T07:42:23Z
dc.date.available2016-03-29T07:42:23Z
dc.date.issued2016-03-12
dc.identifier.citationAnas Sudijono. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta Lufri.(2008). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Pengembangan. Padang: FMIPA UNP Muliyardi. (2006). ”Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Komik di Kelas I Sekolah Dasar”. Disertasi.Surabaya : Pasca Sarjana UNESA. Paulina dan Purwanto. (2005). Penulisan Bahan ajar. Jakarta: PAU PPAI-UT Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta Suprawoto, NA. (2009). Pengembangan Bahan Ajar.Diakses dari http://www. slideshare.net/NASuprawoto/pengembangan-bahan-ajar-presentation. Widodo dan Jasmad. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: alex Media Komputindoin_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6940
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan perkuliahan kompilasi matakuliah Persamaan Diferensial Elementer yang berupa Rencana Program Dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) dan bahan pembelajaran kompilasi pada Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNJ yang berupa handout, powerpoint, soal latihan dan tugas individu dan kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (ang terdiri dari empat tahap.Pertama tahap penelitian awal dengan melakukan analisis kebutuhan.Kedua tahap pengembangan produk yaitu dengan membuat rancangan produk awal.Ketiga tahap validasi oleh ahli media, materi, dan Bahasa.Keempat tahap uji coba pada pembelajaran Persamaan Diferensial Elementer sehingga menghasilkan produk akhir setelah dilakukan revisi.Hasil dari uji ahli secara keseluruhan jika dilihat dari rata-rata prosentase aspek penilaian dari penguji ahli materi dan bahasa adalah 85.33% yang termasuk pada kategori sangat valid, rata-rata prosentase aspek penilaian ahli media adalah 90.75% jadi termasuk kategori sangat valid. Ujicoba pada pembelajaran Persamaan Diferensial Elementer melihat dampak terhadap aktifitas mahasiswa bahwa rata-rata prosentase keaktifan mahasiswa adalah 65.5% termasuk kategori cukup praktis, dampak terhadap hasil belajarnya adalah 90.91% mahasiswa memperoleh nilai 70 ke atas (memenuhi syarat ketuntasan belajar) sedangkan prosentase rata-rata penilaian mahasiswa kepada bahan perkuliahan kompilasi Persamaan Diferensial Elementer adalah 79.2% yang termasuk kategori praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan perkuliahan kompilasi matakuliah Persamaan Diferensial Elementer efektif.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectbahan perkuliahan kompilasiin_ID
dc.subjecthasil belajar mahasiswain_ID
dc.subjectkeaktifanin_ID
dc.titlePengembangan Bahan Perkuliahan Kompilasi Mata Kuliah Persamaan Diferensial Elementer Prodi Pendidikan Matematikain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record