dc.contributor.author | Murdiyanto, Tri | |
dc.date.accessioned | 2016-03-29T07:42:23Z | |
dc.date.available | 2016-03-29T07:42:23Z | |
dc.date.issued | 2016-03-12 | |
dc.identifier.citation | Anas Sudijono. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta Lufri.(2008). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Pengembangan. Padang: FMIPA UNP Muliyardi. (2006). ”Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Komik di Kelas I Sekolah Dasar”. Disertasi.Surabaya : Pasca Sarjana UNESA. Paulina dan Purwanto. (2005). Penulisan Bahan ajar. Jakarta: PAU PPAI-UT Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta Suprawoto, NA. (2009). Pengembangan Bahan Ajar.Diakses dari http://www. slideshare.net/NASuprawoto/pengembangan-bahan-ajar-presentation. Widodo dan Jasmad. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: alex Media Komputindo | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6940 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan perkuliahan kompilasi
matakuliah Persamaan Diferensial Elementer yang berupa Rencana Program Dan Kegiatan
Pembelajaran Semester (RPKPS) dan bahan pembelajaran kompilasi pada Program Studi
Pendidikan Matematika FMIPA UNJ yang berupa handout, powerpoint, soal latihan dan tugas
individu dan kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan
(ang terdiri dari empat tahap.Pertama tahap penelitian awal dengan melakukan analisis
kebutuhan.Kedua tahap pengembangan produk yaitu dengan membuat rancangan produk
awal.Ketiga tahap validasi oleh ahli media, materi, dan Bahasa.Keempat tahap uji coba pada
pembelajaran Persamaan Diferensial Elementer sehingga menghasilkan produk akhir setelah
dilakukan revisi.Hasil dari uji ahli secara keseluruhan jika dilihat dari rata-rata prosentase aspek
penilaian dari penguji ahli materi dan bahasa adalah 85.33% yang termasuk pada kategori sangat
valid, rata-rata prosentase aspek penilaian ahli media adalah 90.75% jadi termasuk kategori sangat
valid. Ujicoba pada pembelajaran Persamaan Diferensial Elementer melihat dampak terhadap
aktifitas mahasiswa bahwa rata-rata prosentase keaktifan mahasiswa adalah 65.5% termasuk
kategori cukup praktis, dampak terhadap hasil belajarnya adalah 90.91% mahasiswa memperoleh
nilai 70 ke atas (memenuhi syarat ketuntasan belajar) sedangkan prosentase rata-rata penilaian
mahasiswa kepada bahan perkuliahan kompilasi Persamaan Diferensial Elementer adalah 79.2%
yang termasuk kategori praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan
perkuliahan kompilasi matakuliah Persamaan Diferensial Elementer efektif. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | bahan perkuliahan kompilasi | in_ID |
dc.subject | hasil belajar mahasiswa | in_ID |
dc.subject | keaktifan | in_ID |
dc.title | Pengembangan Bahan Perkuliahan Kompilasi Mata Kuliah Persamaan Diferensial Elementer Prodi Pendidikan Matematika | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |