Analisis Kesulitan Siswa Kelas IX SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Barisan Dan Deret
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa kelas IX SMP dalam menyelesaikan
permasalahan mengenai materi barisan dan deret. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan
wawancara. Analisis dilakukan dengan memberikan tes tertulis berbentuk soal uraian yang
berjumlah 5 soal dan wawancara kemudian menganalisis hasil tes dan hasil wawancara dengan
siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi
baris dan deret adalah kesulitan dalam menentukan rumus suku ke-n dari suatu barisan aritmatika
dan geometri. Siswa hanya menentukan suku ke-n dengan mensubtitusikan nilai a dan b tanpa harus
menyederhanakan lagi hasil dari rumus ke-n tersebut; (2) kesulitan dalam memahami konsep suku
pertama dari suatu barisan; (3) Kesulitan dalam memahami maksud dari soal yang diberikan
sehingga siswa kesulitan dalam menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan serta menentukan
langkah penyelesaian dari soal cerita mengenai materi barisan aritmatika dan geometri.