Pengaruh Kemampuan Numerik Dan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa
dc.contributor.author | Ratnaningsih | |
dc.date.accessioned | 2016-03-30T01:56:42Z | |
dc.date.available | 2016-03-30T01:56:42Z | |
dc.date.issued | 2016-03-12 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, Suharsimi. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Chapra, Steven C. dan Raymond P. Canale.(1991). Metode Numerik.terjamahan I Nyoman Susila. Jakarta: Erlangga. Eriyanto. (2007). Teknik Sampling. Yogyakarta: LKiS. Gaspersz, Vincent. (2008). Total Quality Management. Cetakan Kelima. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Marcut, Ioana. (2005). “Critical Thinking – Aplied to the methodology of teaching mathematics” dalam Educatia Matematica. Sibiu: Colegiul National Pedagogic. (hal.61-62). OECD Programme for International Student Assessment, “Database–Pisa 2009,” OECD PISA Online (2009); http://pisa_2009.acer.edu.au/downloads.php (diakes 28 Februari 2012). Riduwan.(2009). Belajar Mudah Penelitian untuk GuruKaryawandan Peneliti Pemula.Bandung: Alfabeta. Ruseffendi, E.T. (2006). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya.Bandung: Tarsito. Schunk, Dale Paul, R. Pintrich dan Judith L. Meece.(2010).Motivation in Education - Theory, Research, and Applications.New Jersey: Pearson Education International. Sugiyono.(2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata, Nana S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya. | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6952 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan numerik dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost-facto, variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis matematis, dan variabel bebas kemampuan numerik dan efikasi diri. Pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis terdiri dari 6 soal essay.Tes kemampuan numerik terdiri dari 43 butir soal yang layak bentuk pilihan ganda, sedangkan instrumen efikasi diri menggunakan kuesioner.Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat dan uji homogenitas. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Kemampuan Numerik | in_ID |
dc.subject | Efikasi | in_ID |
dc.subject | Berpikir Kritis | in_ID |
dc.title | Pengaruh Kemampuan Numerik Dan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
Tren dan Isu-Isu Baru dalam Penelitian Matematika dan Pembelajarannya