Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Macromedia Flash Pada Siswa Kelas Viii F SMP Negeri 3 Muntilan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas
VIII F SMP Negeri 3 Muntilan pada materi prisma dan limas dengan model inkuiri terbimbing.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dan
partisipatif. Dengan desain menggunakan model Kemis Taggant melalui 4 tahapan yaitu:
perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP N 3 Muntilan dan objeknya adalah meningkatkan
pemahaman konsep dengan model inkuiri terbimbing. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran
matematika dengan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep
matematika, karena model inkuiri terbimbing pada fase menganalisis dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah memfasilitasi siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Berdasarkan hasil observasi, keterlaksanaan pembelajaran matematika mengalami peningkatan
yaitu dari 77.16% (kriteria tinggi) pada siklus I menjadi 98.56% (kriteria tinggi) pada siklus II.
Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 88.40% pada siklus I menjadi 95.60%
(kriteria tinggi) pada siklus II. Hasil pemahaman konsep matematika siswa mengalami
peningkatan dari rata-rata nilai 41.93 (kriteria kurang) pada pra tindakan menjadi 54.83 (kriteria
sedang) pada siklus I dan 84.19 (kriteria tinggi) pada siklus II