Pengaruh Eksperimen Model Reciprocal Teaching Dan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi
matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model reciprocal teaching
dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan saintifik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan mengambil sample siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 5 di SMAN 1
Banjaran. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Analisis kuantitatif
dilakukan terhadap data hasil pretes dan postes untuk melihat perbedaan ratarata
gain
ternormalisasi
antara
kedua
kelompok
sampel.
Dari
hasil
uji
statistik
terhadap
skor gain yang diperoleh dari hasil pretes dan postes terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa di dapatkan hasil rata-rata gain kelas
eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang
mempergunakan pembelajaran reciprocal teaching lebih baik daripada siswa
yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Rata-rata gain
ternormalisasi siswa pada kelompok eksperimen untuk kemampuan
komunikasi matematis berada pada kategori sedang sedangkan siswa pada
kelompok kontrol berada pada kategori kurang.