Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan dan faktor yang menyebabkan
siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal aljabar fungsi pada pokok bahasan menentukan bentuk
fungsi dan grafik fungsi. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif diskriptif.
Subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
dengan metode tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan (1) kesulitan siswa dalam menghitung meliputi kesulitan siswa dalam menyelesaikan
operasi perhitungan dengan jawaban yang kurang tepat; (2) kesulitan siswa menafsirkan simbol
meliputi kesulitan siswa dalam memahami simbol dan siswa kurang mencermati apa yang ditanyakan
dalam soal; (3) kesulitan siswa memahami materi meliputi kurangnya pemahaman siswa terhadap
materi fungsi khususnya pokok bahasan grafik fungsi. Faktor yang menyebabkan siswa mengalami
kesulitan meliputi kurang teliti, terburu – buru, dan kesulitan siswa dalam memahami daerah hasil.