Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dengan Pendekatan Relistic Mathematics Education Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah model pembelajaran yang menghasilkan
prestasi belajar lebih baik antara model pembelajaran Teams Games Tournament
(TGT)denganpendekatanRealistic Mathematics Education (RME) atau model pembelajaran Teams
Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Geyer Kabupaten Grobogan.
Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Uji coba instrumen tes prestasi belajar
meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji
normalitas populasi menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas variansi populasi
menggunakan metode Barlett. Setelah melakukan perhitungan, diperoleh simpulan bahwa sampel
berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Pada
kemampuan awal dilakukan uji keseimbangan dengan menggunakan analisis variansi satu jalan.
Teknik analisis datamenggunakanuji komparasi antar model pembelajaran dengan uji t. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT denganpendekatan RME
memberikanhasil yang lebihbaikdibandingkanmodel pembelajaran TGT. Hal ini berarti model
pembelajaran TGT denganpendekatan RME lebih efektif daripada model pembelajaran TGT.