dc.contributor.author | Vristiarum, Rida | |
dc.contributor.author | Ariyanto | |
dc.date.accessioned | 2016-03-31T01:48:16Z | |
dc.date.available | 2016-03-31T01:48:16Z | |
dc.date.issued | 2016-03-12 | |
dc.identifier.citation | Eka, I.W, I.W Sadia, dan I.W Suastra.2014.”Pengaruh Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif”. Program Studi Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. e-Journal Program Pascasajana Universitas Pendidikan Ganesha.Vol. 4 Herdiansyah, Haris.2012.Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial.Jakarta: Salemba Humanika Jacobsen, dkk.2009.Methods for Teaching Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA.Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Sutama.2014.Penelitian Tindakan: PTK, PTS, dan PTBK.Kartasura: Fairuz Media Trianto.2011.Model-Model Pembelajarn Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.Jakarta: Prestasi Pustaka | in_ID |
dc.identifier.issn | 2502-6526 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6966 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran
matematika siswa kelas IX C SMP Muhammadiyah 10 Surakarta melalui pendekatan Reciprocal
Teaching. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Siswa kelas IX C dengan jumlah 21
siswa bertindak subyek sebagai penerima tindakan. Guru matematika sebagai subyek pelaku
tindakan, kepala sekolah serta staf pengajar sebagai subyek pembantu. Dalam penelitian ini metode
pengumpulan data dilakukan dengan cara metode observasi, tes, catatan lapangan, serta
dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa terhadap
pembelajaran matematika. peningkatan tersebut dapat dilihat dari a) Kemampuan siswa menerapkan
konsep secara tepat dari (23,81%) meningkat menjadi (66,67%), b) Kemampuan siswa menjawab
pertanyaan guru dari (28,57%) meningkat menjadi (76,20%), c) Kemampuan mengerjakan soal di
depan kelas dari (33,33%) meningkat menjadi (66,67%), d) Kemampuan siswa menyimpulkan materi
yang disampaikan meliputi definisi konsep serta memberikan contoh dan non contoh dari konsep dari
(14,29%) meningkat menjadi (71,43%). | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Reciprocal Teaching | in_ID |
dc.subject | pemahaman konsep | in_ID |
dc.subject | Pembelajaran Matematika | in_ID |
dc.title | Peningkatan Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching (PTK di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Kelas IX Semester Gasal Tahun Ajaran 2015/2016) | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |