dc.description.abstract | Makalah ini berisi kajian hipotetik yang bertujuan mendiskripsikan tentang problematika
pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi lengkung SMP kelas IX dan alternatif
pemecahannya. Bangun ruang sisi lengkung pada tingkat SMP kelas IX merupakan materi yang
penerapannya sangat luas dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menyelesaikan permasalahan
matematika yang berkaitan dengan materi bangun ruang sisi lengkung tingkat SMP kelas IX,
siswa masih banyak mengalami kesalahan. Dugaan-dugaan terjadinya kesalahan yang sering
dialami siswa antara lain disebabkan oleh: 1) guru tidak melibatkan siswa dalam menggunakan
media atau alat peraga, 2) siswa ditekankan untuk menghafal rumus saja, 3) guru kurang
mengkaitkan materi dengan pengalaman sehari-hari. Untuk mengatasi problematika tersebut,
terdapat beberapa alternatif pemecahannya antara lain: 1) memaksimalkan penggunaan alat
peraga bangun ruang sisi lengkung oleh siswa, 2) memberikan LKS terstruktur, 3) menekankan
pemahaman siswa akan bentuk-bentuk bangun ruang gabungan melalui media visual, 4)
memberikan tugas individu terstruktur untuk merangkum rumus-rumus bangun ruang sisi
lengkung disertai langkah-langkah penemuan rumusnya lengkap dengan contoh soal dan
pembahasannya, 5) mengkaitkan materi dengan pengalaman sehari hari siswa, 6) menekankan
pemahaman kalimat soal melalui drill soal cerita. | in_ID |