dc.identifier.citation | Agus Suntoro. (2009). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Konstruktivistik Dengan Multimedia Komputer Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP N Kota Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009. Tesis. Surakarta : Program Pasca Sarjana UNS. Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetyo. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia Barry l. Boyd. (2002). Evaluation of a computer-based, asynchronous Activity on student learning of leadership concepts. Journal of agricultural education. Volume 43, number 1, 2002 Budiyono. (2003) . Metodologi Penelitian. Surakarta : FKIP UNS. Daniel Muijs & David Reynold. (2008). Effetive Teaching.Yogyakarta:Pustaka Pelajar Hamzah B, Uno. (2006).Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara .Paul, Suparno. (2006). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius Sriyono, dkk. (1992). Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta:Rineka Cipta Yunita Dwi, Hapsari. (2008). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Gambar Dengan Bantuan Power Point Ditinjau dari aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP NEGERI I MIRI SRAGEN. Skripsi, UMS Tidak Diterbitkan. | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis : (1) pengaruh media Macromedia
Flash 8 atau Powerpoin terhadap prestasi, (2) pengaruh keaktifan belajar yang tinggi, sedang,
atau rendah terhadap prestasi, (3) pengaruh media pembelajaran dengan keaktifan belajar siswa
terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Surakarta tahun ajaran
2011/2012. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 7 Surakarta, MTs Negeri 1
Surakarta, SMP Negeri 25 Surakarta yang diambil secara stratified cluster random sampling.
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar
matematika, dan angket keaktifan belajar matematika siswa. Dari hasil analisis disimpulkan
bahwa : (1). prestasi belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan macromedia
flash lebih baik daripada dengan powerpoint, (2) prestasi belajar matematika siswa yang memiliki
keaktifan belajar rendah sama baiknya dengan siswa yang memiliki keaktifan belajar sedang,
tetapi siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi lebih baik dengan siswa yang memiliki
keaktifan belajar rendah, (3.a). apabila dilihat dari pembelajaran dengan menggunakan
macromedia flash maupun powerpoint, prestasi belajar matematika siswa yang memiliki keaktifan
belajar rendah sama baiknya dengan siswa yang memiliki keaktifan belajar sedang, tetapi siswa
yang memiliki keaktifan belajar tinggi lebih baik dengan siswa yang memiliki keaktifan belajar
rendah, (3.b). apabila dilihat dari keaktifan tinggi,sedang dan rendah, prestasi belajar
matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan macromedia flash lebih baik daripada
dengan powerpoint, | in_ID |