Persepsi Mahasiswa Matematika Terhadap Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Dalam Perkuliahan Geometri Analitik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa matematika terhadap Strategi
Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dalam perkuliahan Geometri
Analitik.. Penelitian dilakukan pada semester 1 tahun ajaran 2015/2016. SPPKB merupakan
strategi pembelajaran yang menekankan kepada kemampuan berpikir siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian berjumlah 9
orang mahasiswa yang menempuh mata kuliah Geometri Analitik. Subyek penelitian terbagi
atas tiga kelompok, yaitu kelompok atas, kelompok menengah, dan kelompok bawah.
Selanjutnya subyek penelitian membentuk kelompok yang heterogen. Penelitian ini
dilaksanakan sesuai rencana pembelajaran yang telah direncanakan. Kegiatan
pembelajaran di kelas dilaksanakan selama 3x50’ per tatap muka.Materi pembelajaran
terdiri dari materi garis lurus, lingkaran, dan parabola. Strategi SPPKB menggunakan
beberapa metode pembelajaran yang sesuai dengan teori diantaranya metode tanya jawab,
metode diskusi, dan metode presentasi. Hasil belajar yang diperoleh mahasiswa selain
ditentukan oleh strategi pembelajaran yang digunakan, juga ditentukan oleh faktor
kebiasaan belajar, minat belajar, dan kemauan membaca buku geometri analitik.
Berdasarkan hasil penelitian, persepsi mahasiswa terhadap SPPKB 83 % yang mempunyai
makna positif, artinya persepsi mahasiswa matematika terhadap SPPKB dalam perkuliahan
geometri analitik sangat baik.